Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Batu, Jawa Timur, mempersiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung di sejumlah tempat wisata di daerah tersebut selama masa libur Lebaran 2022.

Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan di Kota Batu, Rabu, mengatakan berdasarkan data yang diterima dari para pengelola tempat wisata di wilayah tersebut, kenaikan jumlah pengunjung sudah terjadi sejak Selasa (3/5) dibandingkan hari-hari biasa.

"Kemarin, berdasarkan data, ada peningkatan pengunjung. Jumlahnya saat ini sudah 25 persen dari total kapasitas objek wisata. Hari-hari sebelumnya berkisar antara 5-10 persen," kata Yogi.

Dia menjelaskan pihaknya terus melakukan pemantauan jumlah pengunjung di tempat-tempat wisata di Kota Batu, supaya tidak terjadi kepadatan yang berdampak pada tersendatnya arus lalu lintas pada kawasan itu.

Selain itu, lanjutnya, Polres Batu bersama seluruh pemangku kepentingan yang ada juga melakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan penanganan COVID-19, khususnya penggunaan aplikasi PeduliLindungi.

"Kami terus memantau perkembangan jumlah pengunjung dan juga volume kendaraan menuju Kota Batu. Kemudian juga memastikan bahwa seluruh pengunjung wisata mematuhi protokol kesehatan," jelasnya.

Baca juga: Kapolri tinjau kesiapan mudik di Pelabuhan Tanjung Perak

Apabila terjadi kepadatan arus lalu lintas di tempat wisata dan jumlah pengunjung melebihi ketentuan, maka Polres Batu akan mengalihkan arus kendaraan dan meminta para wisatawan untuk menuju destinasi lain, tambahnya.

"Jika nanti kapasitas di dalam objek wisata sudah mencapai 75 persen, maka untuk sementara pengunjung akan kami alihkan ke tempat wisata lain. Kami sudah berkoordinasi dengan pengelola wisata di Kota Batu," jelasnya.

Polres Batu juga telah menyiapkan lima pos pengamanan di lima destinasi wisata prioritas di Kota Batu, yakni Jatim Park 3, Batu Love Garden (Baloga), Santerra De Laponte, Museum Angkut, dan Taman Rekreasi Selecta.

Di setiap pos pengamanan tempat wisata tersebut, ada kurang lebih sebanyak 20 personel yang diterjunkan untuk mengawasi arus lalu lintas dan memastikan penerapan protokol kesehatan dipatuhi para pengunjung.

"Selain itu, kami juga menyiapkan gerai vaksin pada lima lokasi tersebut. Apabila masyarakat atau pengunjung objek wisata belum melaksanakan vaksinasi dosis lengkap, maka kami imbau bisa memanfaatkan layanan itu," ujarnya.

Baca juga: Khofifah minta pengelola wisata perhatikan jumlah kunjungan wisatawan

Berdasarkan pantauan ANTARA, sejumlah tempat wisata di wilayah Kota Batu mulai ramai dikunjungi oleh wisatawan. Jumlah pengunjung di beberapa destinasi wisata di Kota Batu diprediksi terus meningkat hingga Minggu (8/5).

Libur nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah ditetapkan pada 2-3 Mei 2022, sementara cuti bersama jatuh pada 29 April, 4, 5, dan 6 Mei 2022. Pemerintah memperkirakan sekitar 85 juta orang akan melakukan mudik pada Lebaran 2022.

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur memperkirakan sebanyak 16,8 juta orang mudik ke Jawa Timur, dimana 47 persen di antaranya menggunakan mobil pribadi, termasuk ke wilayah Malang Raya.

Baca juga: Polisi lakukan rekayasa arus lalu lintas di Kota Batu Jatim

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022