Rencana didirikan di dekat mushola
Jakarta (ANTARA) - Plt Camat Jatinegara Jati, Rudy Syahrul mengungkapkan bahwa pihaknya segera membangun dapur umum untuk membantu warga yang menjadi korban kebakaran di Pasar Gembrong RW01, Jatinegara, Jakarta Timur.

Rudy mengatakan dapur umum tersebut untuk memastikan dan menjamin suplai makanan dan minum bagi warga RW01.

Baca juga: Warga padati Pasar Gembrong berburu mainan anak

"Rencana didirikan di dekat mushola, karena dekat dengan air bersih. Kalau di tenda tidak ada air bersihnya, harus menarik selang dari mushala," kata Rudy Syahrul di Jakarta, Rabu.

Rudy menambahkan nantinya dapur umum itu akan dioperasikan oleh kader Kampung Siaga Bencana (KSB) setempat dan petugas Kelurahan Cipinang Besar Utara.

Namun apabila situasi tidak memungkinkan maka pihak Kelurahan Cipinang Besar Utara akan kembali mengajukan permintaan perpanjangan distribusi logistik ke Sudin Sosial Jakarta Timur.

"Dari Sudin Sosial (suplai) makanan siap saji permohonan sampai tanggal 5 Mei 2022. Kalau tidak memungkinkan besok dibuat permohonan kembali selama 10 hari," ujar Rudy.

Baca juga: Bantuan makanan untuk korban kebakaran Pasar Gembrong berakhir besok

Sementara itu, Ketua RW01 Cipinang Besar Utara, Maju Saiman Hutabarat mengatakan pihaknya saat ini sedang mempersiapkan operasional dapur umum dengan melibatkan sejumlah kader PKK dan Karang Taruna.

Pihaknya optimis dapur umum tersebut dapat berjalan lancar karena sudah mendapat bantuan logistik dari donatur untuk warga yang masih mengungsi.

"Bahan logistik sudah ada, paling kita tinggal cari lauk-pauk. Mudah-mudahan uang (donasi) yang kita peroleh bisa kita gunakan. Sumber air ada dari mushala menggunakan PAM," tutur Maju Saiman.

Baca juga: Anies pastikan perbaikan Pasar Gembrong yang terbakar minggu depan

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022