Ini sama dengan kenaikan sebesar 181 persen
Jakarta (ANTARA) - PT MRT Jakarta (Perseroda) melayani 47.047 penumpang pada hari kedua Idul Fitri 1443 Hijriah atau Selasa 3 Mei 202 atau naik 181 persen dibanding periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

"Ini sama dengan kenaikan sebesar 181 persen dibandingkan jumlah penumpang pada periode yang sama tahun sebelumnya," kata Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PT MRTJakarta (Perseroda) Rendi Alhilal di Jakarta, Rabu.

Tercatat, lanjut dia, sebagian besar masyarakat menggunakan MRT Jakarta dengan tujuan ke beberapa pusat perbelanjaan dan destinasi wisata sekitar jalur MRT Jakarta, di antaranya kawasan Bundaran HI, Blok M, Dukuh Atas, Lebak Bulus dan Senayan.

Salah satu warga asal Ciledug, Lia (42) mengatakan bahwa dirinya sangat menikmati layanan moda raya terpadu pada saat libur hari kedua Idul Fitri untuk mengajak serta keluarga keliling Jakarta sembari menyambangi pusat perbelanjaan.

"Hari ini saya naik MRT, mau ajak anak-anak, mampir ke Blok M Plaza terus lanjut naik MRT ke Bendungan Hilir," katanya.

Baca juga: Warga nikmati layanan MRT saat libur Lebaran

Selain itu, Lia mengatakan bahwa menggunakan MRT Jakarta membuatnya lebih cepat sampai tujuan dan tidak perlu antre berlama-lama dalam mencari parkir kendaraan.

"Sejauh ini pelayanan MRT Jakarta sudah bagus dan saya setiap harinya memang menggunakan MRT Jakarta," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan warga asal Garut Ernest (43) yang menyebutkan bahwa dirinya sengaja memilih menggunakan MRT untuk memberikan pengalaman pada keluarganya.

"Saya kebetulan sedang main ke rumah keluarga di Jakarta. Rencananya coba MRT, mau ke Pondok Indah. Naik MRT enak, nyaman dan cepat. Saya sebelumnya sudah pernah naik MRT dan sekarang saya mau ajak keluarga juga untuk coba MRT," ujarnya.

Pihak MRT menyebut untuk memberikan kemudahan dalam melakukan perjalanan serta untuk mengurangi penumpukan penumpang pada antrean masuk, pengguna MRT Jakarta dapat melakukan pembelian tiket melalui aplikasi MRT-J.

Baca juga: Mulai Jumat, MRT perpanjang jam operasional hingga pukul 22.30 WIB

Dengan aplikasi ini, penumpang dapat melakukan pembelian tiket sebelum tiba di stasiun dengan menggunakan berbagai pilihan pembayaran elektronik diantaranya Dana, LinkAja, OVO, serta Gopay dan setelah itu dapat memindai kode QR pada pintu masuk penumpang (passenger gate).

MRT Jakarta juga menyediakan sistem pembayaran dengan menggunakan kartu elektronik di antaranya Flazz, Jakcard, Tapcash, e-money, dan Brizzi dengan ketentuan penggunaan satu kartu hanya diperuntukkan untuk sau orang/penumpang.

"PT MRT Jakarta memberikan apresiasi kepada masyarakat yang senantiasa mematuhi imbauan pemerintah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan selama bepergian dalam masa libur lebaran kali ini," katanya.

Selain itu, PT MRT Jakarta (Perseroda) terus berupaya mewujudkan layanan publik yang aman khususnya pada momen Idul Fitri dan pada periode cuti bersama yang ditetapkan pemerintah hingga 6 Mei 2022," kata Rendi Alhilal.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022