Arus Balik

Pergerakan arus balik di Bandara Soetta masih landai di H+1 Lebaran

Pergerakan arus balik di Bandara Soetta masih landai di H+1 Lebaran

Area kedatangan Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta. (ANTARA/Agatha Olivia)

Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II mencatat pergerakan arus balik di Bandara Soekarno-Hatta pada H+1 Lebaran masih landai.

"Saat ini masih landai. Arus balik kemungkinan puncaknya akan terjadi pada 7-9 Mei 2022," kata Koordinator Posko Lebaran Terminal 1 Bandara Soetta Miftahul Ulum di Jakarta, Rabu.

Sejak pukul 00.00-10.00 WIB, baru terdapat 99 penerbangan kedatangan di bandara tersibuk di Indonesia tersebut, dengan jumlah terbanyak pada pukul 09.00 WIB dan 10.00 WIB masing-masing 27 penerbangan.

Ia menuturkan penerbangan kedatangan cenderung akan semakin banyak pada sore atau malam hari, sehingga pada pagi dan siang hari belum banyak penerbangan kedatangan di Bandara Soetta.

Berdasarkan pantauan Antara pada pukul 14.00-15.00 WIB area kedatangan di Terminal 2 mulai ramai, setelah pada pagi hari cukup landai.

Kondisi tersebut juga terjadi pada area kedatangan domestik Terminal 3 pada pukul 15.00-16.00 WIB meski tak seramai di Terminal 2.

Miftahul menilai antusias pemudik di Bandara Soetta pada Lebaran tahun ini sangat tinggi, terutama setelah adanya kebijakan pemerintah yang mempermudah kepergian dengan pesawat terbang.

"Ini sangat menambah jumlah penumpang pesawat pada Lebaran kali ini," ucap dia.

Ia menjelaskan kebijakan pemerintah yang dimaksud yakni dengan peniadaan tes PCR maupun antigen bagi penumpang pesawat terbang yang sudah divaksin booster.

Sementara untuk penumpang pesawat yang baru melakukan vaksin dosis pertama tetap diwajibkan menyertakan hasil tes PCR dan vaksin dosis kedua harus menyertakan salah satu dari hasil tes antigen atau PCR.

Baca juga: AP II siapkan Terminal 1B Soetta jika terjadi kenaikan arus balik
Baca juga: KM Ciremai diperbantukan untuk melayani arus balik Lampung - Cilegon
Baca juga: PLN jamin keandalan listrik selama arus balik Lebaran

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Biqwanto Situmorang
COPYRIGHT © ANTARA 2022

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar