alan di desa itu putus menyebabkan kendaraan yang keluar masuk desa mengalami kesulitan
Gorontalo (ANTARA) - Anggota DPRD Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Rahmat Rahman meminta pemerintah kabupaten setempat segera menanggulangi jalan putus salah satunya di Desa Pulohenti, Kecamatan Sumalata.

Menurutnya, jalan utama di desa berpenduduk 204 Kepala Keluarga yang tersebar di tiga dusun tersebut mengalami kerusakan berat akibat bencana banjir.

"Jalan di desa itu putus menyebabkan kendaraan yang keluar masuk desa mengalami kesulitan sehingga perbaikan jalan diharapkan segera dilakukan," kata Rahmat di Gorontalo, Rabu.

Apalagi desa tersebut tergolong produktif menjadi lumbung pertanian. Sehingga sangat diharapkan penanggulangan kerusakan infrastruktur jalan yang menjadi akses transportasi ke desa itu mendapat perhatian serius.

"Kami berharap penanganan kerusakan jalan dapat segera dilakukan," imbuhnya.

Kepala Desa Pulohenti, Rasmin Idrus membenarkan kerusakan jalan tersebut sebagai akibat dari bencana banjir pada 28 April 2022, sekitar pukul 23.50 WITA.

Jalan yang rusak itu merupakan akses penghubung ke seluruh wilayah di desa tersebut. Kerusakan jalan yang amblas akibat banjir memaksa warga bergotong royong menjaga jalan untuk menolong kendaraan yang akan masuk dan keluar desa.

Apalagi balok kayu sebagai jembatan darurat khusus lintasan ban mobil hanya dapat dilintasi kendaraan berdaya angkut tidak lebih dari 2 ton.

"Jika lebih akan sangat berisiko membuat jalan semakin rusak parah," katanya.

Sebab kebanyakan merupakan kendaraan pengangkut komoditas pertanian seperti jagung, padi, juga material galian C seperti pasir dan batu.

Sejauh ini katanya lagi, kondisi jalan masih sama namun pihak Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten telah datang meninjau.

"Kami berharap perbaikan jalan dapat segera dilakukan mengingat aktivitas perekonomian di desa ini sangat mengandalkan jalan tersebut," sebutnya.
Baca juga: BNPB tinjau jalan dan jembatan ambles di Bone Bolango
Baca juga: Wagub Gorontalo: Pekerjaan jalan Suwawa-Tulabolo segera rampung
Baca juga: Gubernur Gorontalo dan Gubernur Sulut kompak perketat perbatasan
Jalan di Desa Pulohenti, Kecamatan Sumalata yang mengalami kerusakan akibat bencana banjir. ANTARA/Susanti Sako

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022