Gorontalo (ANTARA) - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, AKBP Juprisan Pratama Ramadhan Nasution meminta pengelola tempat wisata di daerah itu untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

"Kami meminta seluruh pengelola tempat wisata untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi agar dapat memastikan setiap pengunjung telah divaksinasi COVID-19," katanya di Gorontalo, Rabu.

Baca juga: Pemkot Mataram terapkan aplikasi PeduliLindungi secara masif

Menurut dia, hal itu penting sebagai upaya mendukung peningkatan cakupan vaksinasi COVID-19 di daerah itu serta memastikan setiap orang telah dengan sadar melindungi dirinya sendiri maupun keluarga dari bahaya penularan virus corona melalui vaksinasi tersebut.

"Setiap personel yang ditempatkan di Posko Pengamanan Operasi Ketupat Otanaha 2022 selama Lebaran juga akan terus menyampaikan imbauan dan melakukan pengawasan disiplin protokol kesehatan," katanya.

Baca juga: Pemerintah perluas penggunaan PeduliLindungi di ruang publik

Protokol kesehatan itu meliputi memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, khususnya di tempat-tempat wisata yang mulai ramai dipadati pengunjung yang menikmati libur Lebaran.

"Kami mendorong pengelola tempat wisata untuk dapat memastikan aplikasi PeduliLindungi terpasang dan harus benar-benar digunakan. Jika terdapat pengunjung yang belum divaksin langsung diarahkan ke gerai vaksinasi," katanya.

Ia memastikan penjagaan dan pengamanan selama Lebaran juga meliputi tempat-tempat wisata agar masyarakat tetap terlindungi dari bahaya penularan COVID-19.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi bisa diakses dari dompet digital

"Gerai vaksinasi pun tetap dibuka bekerja sama dengan pihak Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 khususnya Dinas Kesehatan setempat untuk melayani masyarakat yang belum pernah divaksin maupun yang akan mendapatkan vaksinasi dosis kedua dan penguat atau booster," katanya.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022