Kami hadir di tengah masyarakat untuk membantu mediasi
Jayapura (ANTARA) - Babinsa Koramil 1708-02/BU-Warsa Sertu Melkianus Nap membantu aparat kampung dan pihak adat dalam menyelesaikan kasus asusila yang terjadi di  Kampung Bosnabraidi, Distrik Yawosi, Kabupateb Biak Numfor, Provinsi Papua.

Sertu Melkianus Nap mengatakan penyelesaian permasalahan adat dan penetapan bayar denda adat masalah asusila dilakukan di Balai Kantor Kampung Bosnabraidi pada Selasa (3/5).

"Kami hadir di tengah masyarakat untuk membantu mediasi dan menjadi penengah dalam menyelesaikan permasalahan termasuk adat" katanya dalam siaran pers yang di terima Antara di Jayapura, Rabu.

Menurut Melkianus, pihaknya bertanggung jawab untuk menjaga wilayah agar senantiasa aman dan kondusif salah satunya dengan membantu menyelesaikan permasalahan yang terjadi selama  ini.

"Permasalahan harus diselesaikan dengan musyawarah dengan adanya mediasi maka semua permasalahan dapat di selesaikan dengan baik," ujarnya.

Dia menjelaskan permasalahan di selesaikan dengan kekeluargaan ditambah pihak terduga yang di mana untuk meminta membayar denda adat dan membuat pernyataan.

"Tapi juga berjanji dengan tanda tangan di atas meterai oleh kedua pihak yang bermasalah agar kedepannya tidak timbul permasalahan yang sama," katanya lagi.

Mediasi yang dilakukan Koramil 1708-02/BU-Warsa mendapat apresiasi dari Tokoh Adat Biak Utara Gerald Kafiar dan Kepala Kampung Bosnabraidi Yonas Rumbrawer bersama masyarakat di wilayah tersebut.

"Terima kasih atas kehadiran Babinsa sungguh luar biasa karena permasalahan ini dapat segera diatasi dengan baik, sehingga tidak berlanjut dengan permasalahan yang lebih besar yang dapat mengganggu keamanan masyarakat di wilayah ini," kata Tokoh Adat Gerald Kafiar.
Baca juga: Pemkab Biak Numfor larang peredaran minuman beralkohol sambut lebaran
Baca juga: Kabupaten Biak dinilai paling aman di Papua
Baca juga: Ketua MUI Papua: Jadikan Alquran sebagai pedoman hidup keseharian

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022