Untuk hari ini, Kamis (5/5) di Stasiun Gambir terdapat 36 KA beroperasi, dari jumlah tersebut 8 di antaranya merupakan KA tambahan,
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) mengoperasikan 36 kereta api (KA) termasuk 8 KA tambahan  untuk melayani penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat.

Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menyebutkan, sebanyak 458.300 tiket terjual untuk keberangkatan periode 22 April sampai dengan 5 Meo dengan tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

“Untuk hari ini, Kamis (5/5) di Stasiun Gambir terdapat 36 KA beroperasi, dari jumlah tersebut 8 di antaranya merupakan KA tambahan,” kata Eva dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis.

Baca juga: KAI: Tiket arus balik dari Daop 5 Purwokerto masih tersedia

Eva menjelaskan, tercatat puncak kepadatan volume penumpang keberangkatan di Stasiun Gambir dan Pasar Senen terjadi mulai tanggal 27 April sampai dengan 1 Mei 2022.

Pada kurun waktu tersebut, lanjut dia, okupansi penumpang KAJJ yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta mencapai 100 persen.

“Volume penumpang berangkat sebanyak 10.100 atau 58 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 17.600 penumpang,” kata Eva.

Sementara itu untuk Stasiun Pasar Senen terdapat 29 KA beroperasi, 3 KA di antaranya merupakan KA Tambahan. Volume penumpang berangkat sebanyak 15.500 atau 73 persen dari total tempat duduk yang tersedia sebanyak 21.300.

Data tersebut, kata Eva, hanya keberangkatan penumpang dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, secara total pada 5 Mei 2022 terdapat 28.700 penumpang yang berangkat dari seluruh stasiun KA Jarak Jauh di area Daop 1 Jakarta.

“Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi,” ujarnya.

Baca juga: KAI catat pelanggan kereta api masih tinggi pada saat Lebaran

Eva pun mengimbau calon pengguna yang akan mudik pascalebaran dan akan memesan tiket dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access.

Sementara iti untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan. Secara total untuk hari ini terdapat sekitar 38.400 penumpang yang akan turun di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Bekasi, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Salah satu penumpang yang hendak mudik ditemui di Stasiun Gambir menyebutkan alasan memilih mudik di H+2 Lebaran Idul Fitri lantaran kehabisan tiket kereta api.

Sri (54) berencana mudik ke wilayah Jawa Tengah dengan putrinya, kereta yang akan ditumpanginya berangkat pukul 17.00 WIB, namun mereka sudah tiba di Stasiun Gambir pukul 13.00 WIB.

"Enggak apa-apa nunggu di stasiun, soalnya rumahnya jauh di Jakarta Timur,” kata Sri.

Baca juga: KAI: H+1 Lebaran 33.400 orang berangkat dari Stasiun Senen dan Gambir

Sri berencana mudik ke rumah orang tuanya di Jawa Tengah sampai tanggal 10 Mei mendatang. Ia baru kebagian tiket setelah anaknya libur kerja.

“Kemarin kehabisan tiket, baru dapat sekarang. Udah dua tahun enggak mudik, baru kali ini mudik lagi,” kata Sri.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2022