Manfaatkan waktu dengan baik manajemen arus balik semoga selamat sampai tujuan.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol. Firman Shantyabudi memantau jalur tol menggunakan helikopter dari Polda Metro Jaya menuju Semarang menjelang puncak arus mudik Lebaran.

"Kami melakukan pantauan udara untuk memastikan perkembangan arus lalu lintas menjelang puncak arus balik Lebaran pada tanggal 6, 7, dan 8 Mei 2022," kata Irjen Pol. Firman melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Berdasarkan pantauan, Kakorlantas mengatakan bahwa volume kendaraan mulai memadati jalur tol dari timur Jawa mengarah ke barat atau Jakarta.

Untuk itu, Irjen Pol. Firman mulai mempersiapkan untuk melayani masyarakat pada saat arus balik lebaran dengan maksimal.

"Semoga mereka mendengar imbauan kami dari beberapa hari yang lalu untuk pulang lebih awal agar tidak terjebak pada tangga 6, 7, dan 8 Mei 2022," ujar Firman.

Firman memastikan petugas Polri dan pemangku kepentingan lain telah bersiaga melayani masyarakat yang melakukan perjalanan arus balik.

Korlantas juga menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas, seperti sistem satu arah dari Gerbang Tol Palimanan KM 188 hingga Gerbang Tol Cikampek Utama KM 72 dan contraflow dari KM 72 hingga KM 47.

Firman mengimbau masyarakat tidak menunggu di pintu gerbang tol apabila terdampak kebijakan one way. Namun, lebih baik mencari jalur alternatif atau arteri.

"Manfaatkan waktu dengan baik manajemen arus balik semoga selamat sampai tujuan untuk kembali lagi beraktivitas pada tanggal 9 Mei 2022," katanya.

Adapun dalam tinjauan udara ini, Irjen Pol. Firman didampingi oleh Kaden Wal PJR Korlantas Polri Kombes Pol. Juni dan Direktur Operasional Jasa Raharja Dewi Aryani Suzana.

Baca juga: Kakorlantas Polri beri tips hindari kecelakaan arus mudik

Baca juga: Kakorlantas Polri imbau warga pulang ke Jakarta lebih awal

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022