Padang (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Barat mengerahkan personel untuk mengurai kemacetan di sejumlah titik yang menjadi simpul kemacetan di provinsi itu saat libur Idul Fitri 1443 Hijriah.

Kabag Binops Ditlantas Polda Sumbar AKBP Derry Indra di Padang, Kamis, mengatakan pihaknya menurunkan personel lalu lintas yang bertugas mengurai kemacetan di simpul-simpul kemacetan.

"Petugas juga melakukan kanalisasi sebagai upaya mengurai kemacetan di beberapa titik yang menjadi penyebab kemacetan," kata dia.

Baca juga: Tidak ada penutupan objek wisata di Tanah Datar selama Lebaran

Menurut dia, perlambatan arus lalu lintas yang terjadi akibat meningkatnya jumlah kendaraan di provinsi tersebut. Jumlah kendaraan meningkat baik di Sumatera Barat maupun yang masuk ke Sumbar.

Apalagi Sumatera Barat merupakan destinasi wisata yang menjadi idaman untuk dikunjungi saat momentum Hari Raya Idul Fitri sehingga jumlah kendaraan yang ada di jalan raya cukup banyak dan terjadi perlambatan.

Ia mencontohkan untuk jalur Kota Padang menuju Kota Bukittinggi menjadi rute terpadat karena Kota Bukittinggi merupakan destinasi wisata yang menjadi tujuan kunjungan.

Baca juga: Polda Sumatera Barat dirikan 89 pos layani pemudik Idul Fitri

Selain jumlah kendaraan yang banyak, kata dia,  ada beberapa simpul kemacetan di jalur tersebut, misalnya di Kota Padang arus lalu lintas lancar sementara masuk ke Kabupaten Padang Pariaman ada simpul kemacetan di perlintasan kereta api Lubuk Alung,  Pasar Lubuk Alung, dan Simpang Tiga Pasar Sicincin.

Kemudian ada simpul kemacetan di Lembah Anai dan Pasar Koto Baru di Padang Panjang dan di Padang Lua, di Kabupaten Agam, sementara di Kota Bukittinggi kapasitas jalan sangat terbatas dan jumlah kendaraan yang masuk ke daerah itu meningkat sehingga terjadi kepadatan.

Hal serupa terjadi di jalur Padang Panjang menuju Solok melalui Danau Singkarak yang padat karena pengendara menghindari jalur Padang menuju Bukittinggi.

Baca juga: Polda: Jumlah kendaraan selama mudik meningkat di Sumbar

Sementara di jalur Padang menuju Painan terjadi perlambatan karena jumlah kendaraan yang padat melalui jalur tersebut.

Ditlantas Polda Sumbar tetap berusaha agar arus lalu lintas berjalan meski ada perlambatan yang disebabkan sejumlah hal mulai dari pengendara yang berhenti di rumah makan, musala, dan lainnya.

ia mengatakan di setiap Pos Pengamanan Polda Sumbar, personel bertugas membantu arus lalu lintas agar berjalan lancar.

"Kami mengimbau pengendara agar selalu berhati-hati, waspada, dan beristirahat apabila kelelahan," kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022