Sukabumi (ANTARA News) - Komisi Penanggulangan AIDS Kota Sukabumi, mencatat selama 2011 ini di Kota Sukabumi sudah ada empat balita dan satu anak mengidap penyakit HIV/AIDS yang ditularkan dari ibunya yang juga pengidap penyakit itu.

Penanggung Jawab Progam KPA Kota Sukabumi, Wahyu Hendriana mengatakan selama 2011 ini pihaknya mendapatkan laporan baik dari rumah sakit maupun dari lembaga konseling yang fokus pada penyakit ternyata ada empat balita dan satu anak berusia enam tahun tertular penyakit HIV/AIDS.

"Dari hasil penelitian kami, balita dan anak ini tertular dari faktor keturunan, seperti dari ibunya yang mengidap penyakit ini," kata Wahyu.

Menurutnya, penularan ini biasanya dari orang tua yang awalnya mantan pecandu narkoba atau menjadi pekerja seks komersial. Dari hasil penelitiannya para orang tua ini awalnya tidak mengetahui bahwa dirinya terjangkit HIV/AIDS karena penyakit tersebut tidak menimbulkan gejala selama lima tahun.

"Saat ini penularan penyakit ini berpindah jika tahun-tahun berikutnya mayoritas yang terjangkit adalah pecandu narkoba, tetapi kali ini adalah mereka yang kerap melakukan seks bebas baik penjaja maupun pelanggan pekerja seks komersial," kata Wahyu.

Selain itu, pada 2011 ini dari 477 orang yang terinfeksi HIV/AIDS sekitar 60 persennya adalah wanita dan sisanya laki-laki. Untuk menekan penyebaran penyakit ini, pihaknya mempunyai beberapa program pemberantasan seperti pembelajaran untuk tidak menularkan penyakit ini, pemberian Antiretroviral (ARV), konseling dan lain-lain.
(KR-ADR/Y008)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011