Cirebon (ANTARA) - Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengecek kesiapan pengamanan arus balik libur Lebaran 2022 di tempat istirahat KM 229 Tol Pejagan - Kanci, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, untuk memastikan semua berjalan lancar.

"Saya datang ke tempat istirahat ini untuk memastikan kesiapannya, menghadapi arus balik," kata Kapolda Irjen Pol Suntana di Cirebon, Kamis.

Suntana mengatakan setelah dicek, tempat istirahat yang berada di jalan tol itu sangat layak bagi para pengguna jalan untuk beristirahat, karena di dalamnya terdapat area parkir yang kuas, toilet memadai dan lainnya.

Menurutnya selain melakukan pengecekan di tempat istirahat, pihaknya juga mengecek semua pengamanan di sepanjang jalur untuk arus balik, baik di jalan tol maupun arteri.

Baca juga: Pemudik diimbau siasati waktu perjalanan balik ke Jakarta

Ia memastikan, semua personelnya siap memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan kembali ke Jakarta maupun Jabodetabek, agar perjalanannya lancar dan aman.

"Sampai saat ini semua kondusif, dan arus lalu lintas setelah saya lihat dari atas heli semua lancar baik yang berada di kanan maupun kiri," tuturnya.

Suntana mengimbau kepada masyarakat yang hendak menempuh perjalanan dari Jakarta menuju Jawa Tengah bisa berangkat sesudah penerapan satu arah yang dilaksanakan mulai Jumat sampai Minggu.

Dan jika memang mendesak harus melintasi jalur arteri yang sudah dipersiapkan pengamanannya dengan menempatkan banyak personel di lapangan.

"Kami mengakui pada arus mudik tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun 2019, bahkan pada tahun ini di jalur arteri cukup padat, namun para pengendara masih dapat melaju dan tidak berhenti, tapi roda masih terus berputar," katanya.

Baca juga: Jaksa Agung beri sanksi pegawai yang tak masuk pada hari pertama kerja
Baca juga: Antisipasi puncak arus balik, Jabar tunda jadwal masuk sekolah

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022