sejauh ini belum ada penumpang arus balik
Jakarta (ANTARA) - Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menyebutkan sejauh ini belum tampak kedatangan penumpang arus balik Lebaran di pelabuhan tersebut memasuki H+2 Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah.

"Sejauh ini belum ada penumpang arus balik. Kapal datang baru KM Umsini dari Kijang (Kepulauan Riau)," kata Kepala Seksi Bimbingan Usaha dan Angkutan Laut Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Chairiyah, di Jakarta, Kamis.

Ditemui di Pos Terpadu Lebaran 2022 Pelabuhan Tanjung Priok, Echa, sapaan akrabnya mengatakan jadwal kapal memang tidak berangkat setiap hari.

Untuk Kamis ini, kata dia, hanya KM Umsini yang tiba dari Kijang dan melanjutkan perjalanan dari Tanjung Priok menuju Surabaya, Makassar, Maumere, Larantuka, Lewoleba, dan tujuan terakhir adalah Kupang, Nusa Tenggara Timur.

"KM Umsini menurunkan 341 penumpang (di Pelabuhan Tanjung Priok), dan 401 penumpang melanjutkan perjalanan. Kalau penumpang yang naik dari Jakarta ada 425 orang," katanya.

Baca juga: Penumpang mudik masih tampak di Pelabuhan Tanjung Priok
Baca juga: Arus balik Lebaran, Pelni Manokwari siapkan enam kapal

Dari tanggal 17 April hingga 5 Mei 2022, data penumpang di Tanjung Priok tercatat sebanyak 8.497 orang naik dan 8.543 penumpang turun.

Di periode yang sama, kedatangan kapal tercatat total sebanyak 30 kapal dan berangkat 29 kapal.

"Catatan penumpang tertinggi pada 25 April 2022, yakni sebanyak 1.995 penumpang naik dan 2.391 penumpang turun. Itu waktu arus mudik. Yang arus balik belum tahu," kata Echa.

Dari pantauan di lokasi, terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Priok juga masih dipadati penumpang arus mudik yang menaiki KM Umsini dengan tujuan wilayah Timur, khususnya NTT.

KM Umsini berangkat dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Kamis, tepat pukul 15.00 WIB dengan mengangkut total 826 penumpang.

Baca juga: 11.395 pemudik angkutan laut tinggalkan Kalsel menuju Surabaya

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022