Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain mengimbau pemudik mengatur waktu kepulangan untuk menghindari kepadatan puncak arus balik di terminal tersebut yang diperkirakan terjadi mulai Sabtu (7/5) atau H+4 Lebaran 2022.

"Lebih baik pemudik mengatur waktu kembali itu jangan di saat-saat padat, seperti nanti pada Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5), pasti itu akan padat sekali," ujar Revi saat ditemui di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Kamis.

Pemudik disarankan untuk pulang lebih awal dari kampung halaman atau apabila memungkinkan, para pemudik diimbau untuk kembali ke Jakarta saat masa angkutan Lebaran 2022 berakhir atau setelah H+7 (10/5).

Hal tersebut, kata dia, untuk menghindari terjadinya kepadatan pemudik pada masa puncak arus balik di Terminal Kalideres.

Baca juga: Pos pemeriksaan urine pengemudi bus disiagakan di Terminal Kalideres

Puncak arus balik di Terminal Kalideres diperkirakan mulai terjadi pada H+4 atau Sabtu (7/5) hingga H+6 atau Senin (9/5), dengan jumlah penumpang per hari diprediksi mencapai 1.500 hingga 2.000 orang.

Revi juga mengimbau para pemudik untuk turun di dalam Terminal Kalideres bukan di pinggir jalan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Pastikan turun di terminal, karena di terminal sudah lengkap, ada petugas keamanan, toilet, mushala dan ruang tunggu sehingga kalau kemalaman tiba mereka aman di terminal karena petugas banyak," katanya.

Dia kembali mengimbau agar penumpang tidak turun di pinggir jalan karena bisa membahayakan keselamatan.

Lonjakan arus balik penumpang di Terminal Kalideres mulai terlihat seiring adanya peningkatan jumlah penumpang yang tiba hingga H+2 Lebaran 2022.

Baca juga: Lonjakan arus balik di Terminal Kalideres mulai terlihat

Menurut data pengelola Terminal Kalideres, pada Rabu (4/5) atau H+1, jumlah penumpang yang tiba berjumlah 367 orang menggunakan 102 armada bus.

Angka tersebut meningkat dibanding Selasa (3/5) atau H2, dengan jumlah penumpang tiba sebanyak 213 orang dengan 86 bus.

Adapun pada Kamis ini atau H+2 Lebaran 2022, penumpang yang tiba di Terminal Kalideres hingga pukul 12.00 WIB berjumlah 293 orang dengan 51 bus. Jumlah tersebut diperkirakan terus meningkat hingga tengah malam.

Terminal Kalideres di Jakarta Barat kebanyakan memberangkatkan dan menerima kedatangan bus dengan tujuan Sumatera, yaitu Lampung, Palembang, Padang, Medan, Bengkulu, Aceh dan Pekanbaru.

Terdapat pula bus tujuan Jawa seperti Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan bus tujuan Bali serta Nusa Tenggara Barat.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022