Kami memaksimalkan penanganan sampah kota usai lebaran yang mencapai puluhan meter kubik
Bangka, Babel (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memaksimalkan penanganan sampah setelah perayaan Lebaran 2022 di daerah itu.

"Kami memaksimalkan penanganan sampah kota usai lebaran yang mencapai puluhan meter kubik," kata Pejabat Fungsional Ahli Muda Penyuluh Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka Eggy Vera Lusiant dalam keterangannya di Bangka, Kamis.

Teknis penanganan sampah baik organik maupun nonorganik, kata dia, pihaknya menurunkan 11 truk dam dengan kapasitas muatan masing-masing tujuh meter kubik sampah serta tiga mobil amrol atau kendaraan untuk membawa kontainer sampah termasuk satu unit mobil penyisiran sampah dalam kota.

Baca juga: Satgas tetapkan Belitung Timur PPKM level 1 COVID-19

Dikatakan, mobil penyisiran sampah sengaja disediakan untuk mengoptimalkan layanan kebersihan terutama sampah liar di sepanjang jalan utama kota Sungailiat

"Selain armada yang digunakan, kami menerjunkan petugas truk dam sebanyak 50 orang, dan tiga orang petugas mobil amrol," jelasnya.

Menurutnya, semua sampah dibuang di tempat pembuangan akhir (TPA) dengan dua fase pengambilan yang berada di sejumlah titik yakni pada pukul 06.00 WIB dan pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Satgas: Bangka Belitung nihil penambahan kasus COVID-19

Diakuinya, petugas kebersihan mulai bekerja pada H + 2 Lebaran dengan pertimbangan memberikan kesempatan petugas kebersihan merayakan Lebaran 2022 bersama keluarganya.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan," jelasnya.

Baca juga: DLH Bandung pastikan 1.500 petugas kebersihan bekerja saat lebaran

Baca juga: Bupati ingatkan warga taat protokol kesehatan saat bertandang

 

Pewarta: Kasmono
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022