Banyumas (ANTARA) - Arus kendaraan di jalur selatan Jawa Tengah pada H+2 Lebaran 2022 khususnya ruas Rawalo-Wangon, Kabupaten Banyumas, ramai lancar.

Dari pantauan di Simpang Rawalo, Kamis pukul 15.00-17.00 WIB, lalu lintas di jalur selatan Jateng itu sempat tersendat karena adanya pertemuan arus kendaraan datang dari arah Yogyakarta dan Purwokerto menuju Wangon.

Kendati demikian, personel Kepolisian Resor Kota (Polresta) Banyumas yang bertugas di Pos Pengamanan (Pospam) Rawalo berhasil mengurai kepadatan arus kendaraan tersebut, sehingga lalu lintas kembali lancar pada pukul 17.00 WIB.

Baca juga: Belum ada lonjakan arus balik di Terminal Tegal

Saat ditemui di Pospam Rawalo, Kepala Polresta Banyumas Komisaris Besar Polisi Edy Suranta Sitepu mengakui di jalur selatan Jateng terjadi kepadatan arus kendaraan.

Kendati demikian, dia mengatakan personel Polresta Banyumas telah tergelar di simpul-simpul yang berpotensi terjadi kemacetan, pospam, persimpangan jalan, dan perlintasan kereta api.

"Adapun kendaraan yang bergerak dari timur (arah Yogyakarta, red.) ke barat (arah Wangon, red.) banyak yang berpelat nomor B dan D. Itu akan kami filter di Wangon, yang berpelat D akan diluruskan menuju Lumbir (ke arah Bandung, red.), sedangkan yang berpelat B akan diarahkan ke Ajibarang (menuju jalur Pantura, red.)," katanya didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas Komisaris Polisi Arie Prayitno.

Baca juga: KAI: Tiket arus balik dari Daop 5 Purwokerto masih tersedia

Kapolresta mengatakan untuk pelaksanaan "one way" di Tol Kalikangkung menuju Jakarta direncanakan akan dilaksanakan oleh Korlantas Polri pada Jumat (6/5).

Oleh karena itu, masyarakat dari wilayah timur diimbau untuk memanfaatkan akses "one way" tersebut guna memperlancar arus menuju Jakarta.

"Namun demikian untuk jalur selatan khususnya yang menuju Jawa Barat juga siap digunakan untuk menuju Bandung maupun Jakarta. Jadi masyarakat silakan memanajemen waktu perjalanan, kondisi kesehatan, dan kendaraan sebelum melakukan perjalanan," katanya.

Terkait dengan perkiraan puncak arus balik yang melewati wilayah Banyumas, Kasatlantas Kompol Arie Prayitno mengatakan hal itu diperkirakan akan berlangsung pada H+4 Lebaran atau Sabtu (7/5).

Baca juga: Kakorlantas: Rekayasa lalu lintas saat arus balik disiapkan

Jika terjadi kepadatan arus kendaraan di ruas Ajibarang menuju jalur Pantura, pihaknya akan melakukan penarikan arus agar lalu lintas berjalan lancar tanpa adanya kemacetan.

"Sementara untuk arus kendaraan di jalur selatan Jateng akan diluruskan ke Jawa Barat melalui ruas Wangon-Lumbir," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022