Kolaborasi ini dimulai oleh semangat bersama sinergi antar BUMN agar memberikan dampak lebih besar terhadap pertumbuhan perekonomian secara nasional. Di mana inklusi keuangan akan didorong agar lebih baik lagi
Yogyakarta (ANTARA) - PT Pos Indonesia (Persero) dan Bank Mandiri secara resmi mulai mengoperasikan layanan agen bersama (cross agent) Agen Pos dan Mandiri Agen untuk meningkatkan inklusi keuangan serta mempermudah akses kurir dan logistik.

Peluncuran cross agent dua BUMN ini dilakukan di DePost Coffie, Jalan Jenderal Sudirman, Cokrodiningratan, Kota Yogyakarta, Kamis.

"Kolaborasi ini dimulai oleh semangat bersama sinergi antar BUMN agar memberikan dampak lebih besar terhadap pertumbuhan perekonomian secara nasional. Di mana inklusi keuangan akan didorong agar lebih baik lagi," kata Direktur Bisnis Kurir dan Logistik PT Pos Indonesia (Persero) Siti Choiriana.

Menurut Ana, kolaborasi Agen Pos dan Mandiri Agen digagas sejak awal tahun ini, dimulai dengan penandatanganan MoU kedua belah pihak di Jakarta pada Januari 2022.

Ia mengatakan secara potensi Pos Indonesia dan Bank Mandiri memiliki jaringan dengan jumlah puluhan ribu agen.

Jika dikolaborasikan, menurut dia, potensi tersebut akan menjadi channel ritel dengan jaringan besar dan luas, pelayanan agen dapat tumbuh dan berkembang bersama-sama.

"Akses masyarakat terhadap layanan keuangan dan kurir juga akan semakin mudah," ujar dia.

Menurut Ana, kolaborasi ini bukti konkret dukungan Pos Indonesia terhadap pelaku UMKM, terutama dalam upaya peningkatan dan pemerataan akses masyarakat terhadap produk layanan keuangan dan layanan jasa kurir di Indonesia.

Menurut dia, saat ini ada sekitar 64 juta UMKM di Indonesia. Dari jumlah itu baru sekitar 12 juta atau 19 persen yang telah masuk ekosistem digital.

Saat ini PT Pos Indonesia memiliki jaringan lebih dari 4.800 kantor, 8.891 Agen Pos, serta puluhan ribu agen yang terhubung dengan berbagai layanan Pos Indonesia. Sementara, Pos Indonesia juga memiliki jangkauan ke ratusan negara di dunia.

SEVP Micro & Consumer Finance Bank Mandiri Josephus K. Triprakoso mengatakan kerja sama ini merupakan wujud sinergi dan kolaborasi antar BUMN dalam memberikan dampak lebih besar terhadap pertumbuhan perekonomian secara nasional.

"Bank Mandiri saat ini telah didukung lebih dari 90.000 jaringan Mandiri Agen yang tersebar di seluruh Indonesia dan siap memberikan berbagai layanan keuangan kepada masyarakat. Begitu pun Pos Indonesia yang telah memiliki jaringan layanan Kantor Pos dan Agen Pos yang representatif di seluruh Indonesia," kata Josephus.

Dia optimis sinergi ini dapat memberikan nilai tambah dan kemudahan bagi para mitra usaha Bank Mandiri dan Pos Indonesia untuk mengembangkan usahanya.

Di sisi lain sebagai upaya peningkatan dan pemerataan akses masyarakat terhadap produk layanan keuangan dan layanan jasa kurir di Indonesia.

"Kerja sama ini sangat menguntungkan bagi berbagai pihak, terutama untuk Mandiri Agen dan Agen Pos, di mana Mandiri Agen yang biasanya memberikan layanan keuangan seperti pembukaan rekening dan tarik setor tunai nantinya bisa menjadi Agen Pos yang memberikan layanan jasa kurir seperti pengiman paket baik domestik maupun internasional dan begitu pun sebaliknya," kata dia.

Menurut dia, sinergi tersebut bakal menambah penghasilan para agen dan membantu pengembangan usahanya.

Baca juga: Pos Logistik Indonesia luncurkan tiga layanan inovasi
Baca juga: KAI, Pelindo, dan Pos Indonesia kerja sama integrasi layanan logistik
Baca juga: Bank Mandiri miliki 86.448 agen per Agustus 2021, layanan makin meluas

 

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022