menjelang sore ini makin panjang antreannya
Sumatera Selatan (ANTARA) - Arus lalu lintas di Jalan Gubernur H.A Bastari Jakabaring, Palembang yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan padat merayap hingga mencapai sekitar satu kilometer, pada Kamis.

Berdasarkan pantauan di lokasi, tampak antrean panjang kendaraan terjadi baik pada jalur dari arah Jakabaring mulai dari gerbang masuk stadion Glora Sriwijaya ataupun arah Rambutan, Banyuasin yang didominasi oleh mobil minibus dan sepeda motor.

Ramainya kendaraan yang keluar-masuk ke satu mal di sana dan penyempitan jalan pada ruas dari arah Palembang menjadi simpul utama yang menyebabkan kepadatan arus lalu lintas tersebut.

Salah satu petugas keamanan OPI Mall Edwin Renaldi di lokasi mengaku, kondisi kepadatan lalu lintas sudah berlangsung sejak pukul 10.00 WIB, kemudian hingga saat ini antrean kendaraan tersebut semakin memanjang.

"Siang tadi belum terlalu tapi menjelang sore ini makin panjang antreannya," katanya yang sedang membantu mengurai arus lalu lintas itu.

Baca juga: Ratusan kendaraan putar balik, gagal masuk tol Palembang-Kayuagung
Baca juga: Polrestabes Palembang jamin keamanan pemudik melintas malam hari

Menurutnya, kemacetan pun terjadi di parkiran dalam mall sebab hampir semua tempat yang disediakan telah terisi kendaraan pengunjung, sehingga mereka mesti membagi tugas untuk mengaturnya.

“Di dalam juga demikian karena pengunjung masih muter-muter cari tempat parkir yang tersedia,” imbuhnya.

Sementara itu, terpantau ada sekitar tiga orang petugas Satlantas Polres Banyuasin telah diterjunkan untuk mengatur antrean kendaraan tersebut.

Petugas mengarahkan kendaraan yang datang dari arah Rambutan terlebih dahulu berbelok melintas masuk ke arah kawasan Perumahan Ogan Permata Indah, setelah itu baru bisa menuju ke Jalan Gubernur H.A Bastari mengarah Palembang.

Baca juga: Kapal cepat Palembang-Bangka dioperasikan setiap hari khusus mudik
Baca juga: Pemudik diimbau waspada jalan licin keluar gerbang tol Keramasan

Begitupun untuk para pengendara yang hendak masuk ke OPI mall dari arah Palembang, mereka juga diarahkan untuk memutar balik terlebih dahulu mengikuti rute tersebut.

Skema yang diterapkan petugas kepolisian tersebut supaya arus lalu lintas di sana tidak semakin terhambat oleh kendaraan yang langsung berbelok masuk ke OPI mall, kemudian pemudik yang melintas di jalan tersebut juga tidak terganggu.

Sebab diketahui Jalan Gubernur H.A Bastari, Jakabaring merupakan jalur perlintasan yang digunakan oleh pemudik untuk menuju ke Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) melalui Gerbang Tol Kramasan/Gerbang Tol Palembang dan sebagai jalan penghubung Palembang ke Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Ogan Ilir.

Baca juga: 187.783 orang mudik dan balik melalui Bandara SMB II

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022