Jakarta (ANTARA) - Tenaga Kesehatan (Nakes) Posko Kesehatan Terminal Kampung Rambutan Emil mengatakan selama dirinya bertugas faktor kelelahan merupakan masalah kesehatan yang banyak dialami pemudik Lebaran 2022 di Terminal Kampung Rambutan.

Ia mengatakan kelelahan banyak dialami penumpang. "Ini tadi ada pasien yang pingsan. Dia kelelahan. Ibunya tidak banyak bicara, namun mengatakan dia baru pulang mudik dan hendak ke Pondok Labu," kata Emil di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Kamis.

Menurutnya, selain kelelahan, belum ada persoalan kesehatan serius yang dialami para pemudik di Terminal Kampung Rambutan.

Baca juga: Sejumlah pemudik masih tampak di Terminal Kampung Rambutan Jaktim

Sebelumnya, dokter yang bertugas di Pos Kesehatan Terminal Kampung Rambutan, Rabu (4/5), Tetty Switha Sinaga mengimbau masyarakat yang melakukan perjalanan saat arus mudik dan arus balik untuk menjaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19.

“Jagalah kesehatan agar tetap fit selama melakukan perjalanan,” kata Tetty.

Ia menyampaikan bahwa masyarakat untuk menjaga kesehatan agar tidak kelelahan dan mengalami keluhan sakit lainnya selama perjalanan mudik dengan mengonsumsi makanan bergizi serta beristirahat dengan cukup.

Baca juga: Pada H+1 Lebaran, sejumlah pemudik masih antusias pulang kampung

Di samping itu, Tetty mengimbau para pemudik untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 masih belum berakhir.

Protokol kesehatan itu meliputi menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Selanjutnya terkait dengan layanan vaksin yang disediakan Pos Kesehatan Terminal Kampung Rambutan, Emil menyampaikan ada sekitar 20 sampai 30 stok vaksin penguat (booster) setiap harinya selama mudik dan arus balik Lebaran 2022.

Baca juga: Posko kesehatan Terminal Kampung Rambutan beroperasi layani pemudik

"Kuota vaksin per hari di sini sekitar 20 sampai 30 vaksin penguat. Pemudik bisa mendapatkan vaksin dosis 1 dan 2, tapi tergantung hasil skrining," ujar dia.

Pada Kamis atau H+2 Lebaran 2022, Emil mengatakan pihaknya telah memberikan vaksin kepada tujuh pemudik.

Layanan tersebut, lanjut dia, akan disediakan Pos Kesehatan Terminal Kampung Rambutan saat arus balik Lebaran 2022.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022