Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata mengharapkan acara “Telkomsel Pasar Nusa Dua” yang digelar di kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Bali menjadi benchmark kreatif event pemerintah dalam mendukung sektor UKM.

"Event ini merupakan sebuah gambaran atau mini showcase atas citra positif kebangkitan dan kemajuan dari teknologi, ekonomi, serta budaya Indonesia yang akan ditampilkan pada saat puncak Presidensi G20 nantinya,” ujarnya melalui keterangan resmi, Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut, acara itu dinyatakan akan menampilkan para UKM lokal yang memiliki narasi usaha atau produk sesuai Sustainable Development Goals (SDGs) dan Environment, Social, and Government (ESG) yang telah melalui proses kurasi dengan kategori food village, bisnis retail, serta musik dan seni.

Produk yang bakal dipamerkan juga sejalan dengan misi Indonesia dalam Presidensi G20, yaitu mendorong upaya kolektif dunia dengan mewujudkan kebijakan yang dapat mempercepat pemulihan ekonomi agar lebih kuat dan berkelanjutan.

Baca juga: Kemenkop resmikan Smesco Hub Timur di Bali untuk optimalkan UMKM

Nantinya, area event akan terbagi menjadi empat bagian yang terdiri dari Pop Up Restaurant Area, yakni penggabungan teknologi 3D printing oleh UKM Indonesia dengan bambu sebagai bahan konstruksinya.

Area tersebut bakal menyajikan berbagai makanan dengan konsep future food sebagai representasi dari projek “Spice Up The World”.

Untuk area bagian kedua ialah Pop Up Bar yang memamerkan produk craft beer dan arak unggulan Bali. Ketiga ialah Exhibition Area yang memamerkan berbagai produk representasi dari UKM dengan konsep UKM masa depan serta Ekonomi Membumi, yakni tani, saji, dan seni.

Adapun bagian terakhir adalah Stage Area yang menampilkan acara konser dari musisi Bali.

Event Telkomsel Pasar Nusa Dua yang dilakukan di Bali ini juga merupakan salah satu rangkaian upaya pemerintah dalam mendukung sektor ekonomi melalui ekspor komoditi unggulan di Indonesia wilayah timur,” ungkap Leonard.

Hal ini didukung keberadaan Smesco Hub Timur yang juga berada dalam kawasan ITDC Nusa Dua, Bali, dengan fungsi sebagai pusat percepatan penyerapan komoditas wilayah timur agar mendunia melalui ekspor.

Baca juga: Teten Masduki: Smesco siapkan hub ekspor UMKM Indonesia timur di Bali

“Kolaborasi apik dan saling mendukung antara kementerian/lembaga, pemerintah daerah, private sector, asosiasi, komunitas, dan masyarakat, menjadi kunci keberhasilan penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi di Indonesia,” ucap dia.

Untuk diketahui, event ini diadakan oleh Smesco Indonesia bersama Kementerian Koperasi dan UKM dari 6-8 Mei 2022 dalam rangka mendukung pelaksanaan Presidensi G20 yang hendak digelar di Bali.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022