Atas diskresi kepolisian, PT Jasa Marga mendukung rekayasa lalu lintas one way dan contraflow yang direncanakan akan diberlakukan pada hari ini, Kamis (5/5)
Jakarta (ANTARA) - Jasa Marga atas diskresi kepolisian mendukung rekayasa lalu lintas (lalin) satu arah (one way) dan contraflow dari Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) hingga Tol Jakarta-Cikampek (Japek) saat periode arus balik Lebaran tahun ini.

"Atas diskresi kepolisian, PT Jasa Marga mendukung rekayasa lalu lintas one way dan contraflow yang direncanakan akan diberlakukan pada hari ini, Kamis (5/5)," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis

Rekayasa lalin satu arah diberlakukan mulai dari Km 188 Gerbang Tol (GT) Palimanan Jalan Tol Cikopo-Palimanan sampai Km 72 Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta direncanakan pada pukul 21.30 WIB.

Kemudian contraflow dua lajur mulai dari Km 72 sampai dengan Km 70 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta direncanakan pada pukul 21.30 WIB. Selain itu, contraflow satu lajur diberlakukan mulai dari Km 70 hingga Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, telah diberlakukan sejak pukul 15.35 WIB.

Pemberlakuan ini diputuskan dengan memastikan agar lajur sebaliknya di Jalan Tol Cipali (arah Palimanan) telah steril sehingga tidak ada pengguna jalan yang terjebak dalam perjalanan menuju arah Palimanan.

Bagi pengguna jalan dari arah Jakarta yang menuju ke arah Cirebon dan Jawa Tengah, dapat melalui jalur alternatif antara lain dengan keluar GT Karawang Barat Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dilanjutkan ke Jalan Raya Klari - Kosambi - Cikampek - Simpang Jomin - Pantura.

Selain itu pengguna bisa juga untuk memilih Keluar GT Karawang Timur Km 54 Jalan Tol Jakarta Cikampek dilanjutkan ke Klari - Pasar Kosambi - Simpang Jomin - Pantura. Pengguna bisa keluar GT Cikampek Km 72 Jalan Tol Jakarta-Cikampek dilanjutkan ke Simpang Jomin - Pantura.

Sedangkan bagi pengguna jalan dari dan menuju arah Bandung masih dapat menggunakan Jalan Tol Cipularang secara normal karena hingga saat ini di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta masih diberlakukan contraflow.

Pengguna jalan tol diimbau selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Pastikan kecukupan perbekalan, saldo uang elektronik dan BBM sebelum memasuki jalan tol agar perjalanan lebih nyaman. Pantau kondisi lalu lintas melalui CCTV real time di jalan tol melalui aplikasi Travoy. Informasi dan pelayanan lalu lintas dapat diakses melalui One Call Center 24 Jam Jasa Marga di nomor 14080.

Baca juga: Jasa Marga catat 2.761 kendaraan lewati Tol Japek Selatan saat mudik
Baca juga: Pemudik diimbau hindari perjalanan kembali ke Jabotabek pada 6-8 Mei
Baca juga: Jasa Marga berlakukan contraflow di Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta


Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022