Serdang Bedagai, Sumut (ANTARA News) - Bupati Serdang Bedagai T. Erry Nuradi mengimbau segenap pelajar di daerah itu agar menguasai bahasa asing guna menghadapi persaingan di era global.

"Para pelajar perlu sejak dini mempelajari bahasa asing," katanya saat membuka lomba pidato bahasa Inggris antar pelajar SMA se-Kabupaten Serdang Bedagai di Perguruan Kristen Methodist Indonesia (PKMI) El Shadday Perbaungan, Kamis.

Era globalisasi, lanjut dia, mengharuskan generasi muda menguasai beberapa bahasa asing yang lazim digunakan dalam komunikasi internasional.

Bahasa asing yang perlu dipelajari dan dikuasai oleh pelajar, yakni bahasa Inggris, Mandarin dan Arab, katanya.

Ketiga bahasa asing tersebut kini banyak dipergunakan di negara-negara berkembang dalam berbagai transaksi ekonomi maupun hubungan bilateral dan regional antar negara.

Melalui penguasaan tiga bahasa tersebut, kata Erry, pemuda Indonesia tidak akan kehilangan akar budayanya sekaligus mempunyai alat untuk menjadi bagian dari dunia.

Dia mengemukakan bahwa di era globalisasi teknologi informasi berkembang pesat, sehingga mengharuskan pelajar lebih gigih menguasai beberapa bahasa asing yang lazim digunakan dalam komunikasi internasional.

"Oleh karena itu, saya menghimbau kepada pelajar di daerah ini agar meningkatkan minat terhadap pelajaran bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, Mandarin dan bahasa Arab," tambahnya.

Proses belajar mengajar bahasa asing, menurut dia, dapat dilakukan para pelajar di sekolah maupun mempelajari secara otodidak melalui buku-buku dan internet yang saat ini menyediakan beragam informasi yang dapat diakses secara mudah.

"Jika mempunyai kompetensi bahasa, kemampuan yang dimiliki pelajar akan bisa dieskpresikan, katanya.

Erry juga mengajak para pelajar dan guru di Serdang Bedagai agar senantiasa meningkatkan penguasaan teknologi informasi yang terbarukan, seperti penggunaan internet dan juga fasilitas blackberry messanger untuk dapat mengakses informasi lebih cepat, akurat dan mudah.

"Dengan demikian para peserta didik selalu dapat mengikuti perkembangan teknologi komunikasi terbaru saat ini," tambahnya.

Disebutkannya, pengembangan sumber daya manusia serta ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan daya saing merupakan salah satu pilar Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia yang dicanangkan pemerintah awal tahun 2011. (ANT-197)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011