Jakarta (ANTARA) - Elon Musk mungkin mengisi posisi CEO sementara di Twitter usai akuisisi senilai 44 miliar dolar AS-nya rampung.

Kabar itu semakin diperkuat setelah nampaknya Elon sudah mengamankan dana untuk kesepakatan tersebut.

Baca juga: Pembelian Twitter oleh Elon Musk akan ditinjau oleh FTC AS

Dikutip dari Reuters, Jumat, CEO Twitter saat ini yaitu Parag Agrawal akan tetap menjabat posisi CEO sampai penjualan perusahaan media sosial itu selesai dipindah tangankan ke CEO Tesla itu.

Elon Musk sebagai orang terkaya di dunia kini menjabat sebagai CEO di beberapa perusahaan besar seperti Tesla, SpaceX, dan The Boring Company.

Pembelian Twitter oleh Elon nampak nyata berdampak pada sebagian bisnisnya seperti penurunan saham Tesla hingga 8 persen terpantau pada Kamis (5/5).

Ada kekhawatiran di antara pemilik saham bahwa Elon Musk akan teralihkan dengan akuisisi Twitter.

Sementara itu sebaliknya, saham Twitter justru terlihat naik hingga 4 persen setelah adanya kepastian Elon Musk mengantongi berbagai sumber dana untuk akuisisi platform berlogo burung biru itu.

Baca juga: Elon Musk siapkan Twitter berbayar untuk akun pemerintah & perusahaan

Pada hari yang sama, Elon Musk telah mendaftarkan sekelompok investor terkenal yang siap menyediakan dana sebesar 7,14 miliar dolar AS untuk tawaran Twitter-nya, termasuk salah satu pendiri Oracle Larry Ellison dan Sequoia Capital.

Investor Twitter dari Arab Saudi Pangeran Alwaleed bin Talal juga nampaknya menyambut kehadiran Elon sebagai pemilik Twitter setelah pada bulan lalu sempat merasa kesepakatan yang ditawarkan kurang.

Setelah berdiskusi langsung, nampaknya sang Pangeran langsung setuju untuk memasukkan 1,89 miliar dolar AS sahamnya ke dalam kesepakatan.

"Senang bisa terhubung dengan Anda teman "baru" saya @elonmusk ... Kingdom Holding Company dan saya berharap untuk menggulung 1,9 miliar dolar AS kami di Twitter "baru"," kata Alwaleed dalam cuitannya.

Musk meningkatkan komitmen pembiayaan menjadi 27,25 miliar dolar AS, yang mencakup komitmen dari 19 investor.

Baca juga: Elon Musk buat kesepakatan untuk biayai lebih sedikit akuisisi Twitter

Di tengah upayanya mengurangi pinjaman margin dari Morgan Stanley menjadi 6,25 miliar dolar AS.

Dia telah mendapatkan komitmen pinjaman sebesar 13 miliar dolar AS.

Investor lainnya termasuk perusahaan crypto Binance, perusahaan taipan real estat yang berbasis di New York Steven Witkoff dan DFJ Growth IV Partners, yang memiliki investasi di Perusahaan Boring, SpaceX, SolarCity dan Tesla.

“Kami berharap dapat berperan dalam menyatukan media sosial dan web3 serta memperluas penggunaan dan adopsi teknologi kripto dan blockchain,” kata CEO Binance Changpeng Zhao.

Elon Musk akan terus mengadakan pembicaraan dengan pemegang saham Twitter yang ada, termasuk mantan CEO Twitter Jack Dorsey, untuk menyumbangkan saham ke akuisisi yang diusulkan.

Larry Ellison, anggota dewan di Tesla dan teman dekat Musk juga dipastikan telah berkomitmen 1 miliar dolar AS untuk pendanaan tersebut.



Baca juga: Otoritas AS tolak permintaan Elon Musk soal tweet bermasalah

Baca juga: Tesla kehilangan 126 miliar dolar, investor khawatir pembelian Twitter

Baca juga: Musk jual saham Tesla senilai Rp123,4 triliun usai beli Twitter

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022