Risiko tetap tinggi untuk kesalahan kebijakan - baik oleh (The Fed) tidak cukup cepat untuk memerangi inflasi atau menjadi terlalu hawkish...
Hong Kong (ANTARA) - Saham-saham Asia jatuh pada perdagangan Jumat pagi, sementara dolar AS dan imbal hasil obligasi pemerintah AS naik dalam pembalikan sehari sebelumnya setelah investor menyatakan kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga dapat merusak pertumbuhan ekonomi global.

Pasar khawatir bahwa Federal Reserve (Fed) AS dan beberapa bank sentral utama lainnya harus menaikkan suku bunga lebih agresif daripada yang direncanakan untuk memerangi inflasi yang panas, yang berpotensi mendorong ekonomi ke dalam resesi.

Data penggajian AS yang akan dirilis pada Jumat akan membantu pasar mengukur seberapa panas ekonomi berjalan.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang anjlok 2,34 persen pada Jumat pagi dan terpuruk 3,5 persen dari penutupan Jumat lalu (29/4/2022). Indeks Nikkei Jepang datar setelah kembali dari liburan tiga hari.

Semalam di Wall Street, Indeks Dow Jones Industrial Average dan S&P 500 (.SPX) keduanya turun lebih dari 3,0 persen, dan Komposit Nasdaq terperosok 4,99 persen dalam penurunan satu hari terbesar sejak Juni 2020 ditutup pada level terendah sejak November 2020.

Baca juga: Wall Street berakhir jatuh, Indeks Dow Jones anjlok di atas 1.000 poin

Ini adalah pembalikan situasi 24 jam sebelumnya ketika saham Asia dibuka lebih tinggi, setelah S&P 500 mencatat kenaikan persentase satu hari terbesar dalam hampir dua tahun pada Rabu (4/5/2022).

"Sudah dijelaskan dalam satu berita yang saya baca pagi ini sebagai 'Great Puking', yang tampaknya tepat," kata Kepala Penelitian ING Asia, Rob Carnell tentang perputaran cepat dalam catatan pagi untuk klien.

Pasar memperkirakan peluang 82 persen kenaikan suku bunga sebesar 75 basis poin dari The Fed pada pertemuannya pada Juni, menurut alat FedWatch CME, bahkan setelah The Fed menaikkan suku bunga sebesar 50 basis poin minggu ini dan Powell mengesampingkan kenaikan 75 basis poin.

"Risiko tetap tinggi untuk kesalahan kebijakan - baik oleh (The Fed) tidak cukup cepat untuk memerangi inflasi atau menjadi terlalu hawkish, yang mengakibatkan akhir dari siklus bisnis saat ini," kata Ahli Strategi Pasar Global APAC ex-Jepang, David Chao, di Invesco.

Baca juga: Dolar menuju kenaikan mingguan kelima, dipicu kebijakan Fed "hawkish"

Chao mengatakan ekuitas AS dan Asia Pasifik dapat terus mengalami "sedikit volatilitas", dan imbal hasil AS mungkin terus meningkat, tetapi ia berharap momentum dari pembukaan kembali pasca-Omicron akan membantu mendukung pertumbuhan AS meskipun ada normalisasi kebijakan Fed.

Imbal hasil AS meningkat di tengah ekspektasi laju kenaikan suku bunga yang cepat. Imbal hasil pada obligasi pemerintah AS 10-tahun adalah 3,084 persen pada Jumat pagi setelah melewati 3,1 persen semalam untuk pertama kalinya sejak November 2018.

Komitmen tegas oleh para pemimpin China untuk mempertahankan strategi nol-COVID menimbulkan kekhawatiran tentang kesehatan ekonomi negara itu, sementara perang yang sedang berlangsung di Ukraina juga merusak sentimen terhadap risiko.

Saham-saham unggulan China (CSI300) turun 2,0 persen pada Jumat pagi dan indeks acuan Hong Kong (HSI) turun 2,44 persen.

Yuan China yang diperdagangkan di luar negeri jatuh ke level terendah 18-bulan di 6,7338 per dolar.

Baca juga: Yuan anjlok 660 basis poin, jadi 6,6332 per dolar AS

Karena investor bergerak menuju aset yang kurang berisiko, indeks dolar berada di 103,67 pada Jumat pagi, setelah mencapai puncak baru 20 tahun di 103,94 semalam didukung oleh ekspektasi AS akan menaikkan suku bunga lebih cepat daripada bank sentral lainnya.

Sterling misalnya, jatuh 2,2 persen terhadap dolar pada Kamis (5/5/2022). Bank sentral Inggris menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin seperti yang diharapkan, tetapi dua pembuat kebijakan menyatakan kehati-hatian tentang terburu-buru ke kenaikan suku bunga di masa depan.

Bitcoin salah satu aset paling ramah risiko jatuh 8,0 persen semalam dan mencapai level terendah dua setengah bulan. Uang kripto itu perdagangan terakhir sekitar 36.300 dolar AS.

Harga minyak turun pada awal perdagangan Asia karena kekhawatiran tentang penurunan ekonomi melebihi kekhawatiran atas sanksi baru Uni Eropa terhadap Rusia, termasuk embargo minyak mentah.

Brent berjangka turun 0,5 persen menjadi 110,3 dolar AS per barel. Minyak mentah AS turun 0,56 persen menjadi 107,67 dolar AS per barel.

Emas turun 0,3 persen menjadi 1.870,7 dolar AS per ounce.

Baca juga: Harga minyak Asia turun, pasar kekhawatiran sanksi baru UE atas Rusia

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022