Pekanbaru (ANTARA) - Ribuan warga Provinsi Riau yang mudik melalui jalur darat diperkirakan akan kembali dalam jumlah terbanyak dalam dua hari ke depan

"Puncak arus balik lewat darat diprediksi mulai hari ini (Jumat) hingga Minggu mendatang," kata Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto di Pekanbaru, Jumat.

Ia mengatakan sebenarnya arus balik sudah mulai terjadi Kamis kemarin dan ini terus meningkat setiap harinya hingga Ahad mendatang.

Ia menjelaskan, volume kendaraan dibandingkan hari sebelumnya untuk arus balik menuju Provinsi Riau naik 2.345 unit kendaraan (67,48 persen).

Baca juga: 4.796 orang tinggalkan Riau lewat Pelabuhan Dumai

Baca juga: Basarnas Pekanbaru evakuasi korban kecelakaan di Jalinsum Riau


Data per hari kemarin kendaraan arus balik ke Riau meningkat 67,38 persen dari hari sebelumnya, ini menandakan adanya pergerakan arus balik.

"Untuk kendaraan yang sudah melakukan arus balik mudik lebaran ke Riau per hari kemarin, sebanyak 3.480 unit kendaraan yang sudah masuk ke Riau diantaranya 1.135 kendaraan roda dua dan 2.345 kendaraan roda empat," katanya.

Dia merinci pintu masuk arus balik ke Riau ada beberapa, diantaranya untuk Pos Terpadu perbatasan Riau - Sumbar di Kabupaten Kampar, tercatat sebanyak 2.832 unit kendaraan yang masuk ke Riau diantaranya 903 kendaraan roda dua dan 1.930 kendaraan roda empat.

Pos Terpadu perbatasan Riau - Sumbar melalui Kabupaten Kuantan Singingi, jumlah kendaraan yang telah masuk ke Riau sebanyak 254 unit diantaranya 96 kendaraan roda dua dan 158 kendaraan roda empat.

Sedangkan untuk Pos Terpadu perbatasan Riau - Jambi di Kabupaten Indragiri Hilir, sebanyak 240 unit kendaraan yang masuk ke Riau diantaranya 91 kendaraan roda dua dan 149 kendaraan roda empat.

Untuk Pos Terpadu perbatasan Riau - Sumatera Utara melalui Kabupaten Rokan Hilir, sebanyak 154 unit kendaraan yang masuk ke Riau diantaranya 46 kendaraan roda dua dan 108 kendaraan roda empat.

Baca juga: Polres Siak perbanyak "scotlight" spanduk di lokasi rawan kecelakaan

Baca juga: Arus balik lintas barat Riau mulai meningkat

 

Pewarta: Bayu Agustari Adha/Vera Lusiana
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022