arus lalu lintas dari Palembang menuju Lampung sampai saat ini berjalan lancar
Sumatera Selatan (ANTARA) - Arus balik pemudik yang melintasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) melalui Gerbang Tol Kramasan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan dalam kondisi ramai lancar dengan jumlah sekitar 400 kendaraan per jam.

Jumlah tersebut berdasarkan data kalkulasi kendaraan keluar-masuk pada Kamis (5/5) yang juga berlangsung Jumat ini, kata Direktur Ditlantas Polda Sumatera Selatan Kombes Pol Pratama Adhyasastra di Palembang, Jumat.
Kendaraan pemudik keluar dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTSS) melalui Gerbang Tol Kramasan, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Jumat (6/5/2022). ANTARA/M Riezko Bima Elko 


"Situasi ramai tapi secara umum arus lalu lintas dari Palembang menuju Lampung sampai saat ini berjalan lancar," kata dia.

Ia memastikan aparat gabungan telah disiagakan mulai dari ruas jalan menuju Gerbang Tol Kramasan ataupun di depan Gerbang Tol tersebut untuk menjaga lalu lintas pemudik tetap lancar terkendali.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Sumatera Selatan Ari Narsa mengimbau para pemudik untuk memastikan isi saldo E-toll terlebih dahulu sebelum tiba di Gerbang Tol Kramasan.

Bila ternyata saldo E-toll kurang maka ia mengharapkan pemudik melakukan pengisian ulang segera sebelum masuk Gerbang Tol Kramasan untuk menghindari antrean kendaraan di sana.

Baca juga: Arus kendaraan di tiga gerbang tol JTTS ramai lancar
Baca juga: Arus kendaraan di GT Bakauheni Selatan mulai ramai

Berdasarkan data dari PT Waskita Sriwijaya Tol selaku pengelolah JTTS ruas Kayuagung - Palembang - Betung memperkirakan pada hari ini total sebanyak 10.588 kendaraan yang akan melintas keluar-masuk di jalan itu.

Jumlah tersebut dapat terus meningkat hingga puncak arus balik kedua pada Minggu (8/5) yakni mencapai 13.485 kendaraan yang melintas melalui Gerbang Tol Kramasan.

Pengelola jalan tol tersebut juga telah memberlakukan larangan melintas bagi truk angkutan non logistik dan truk angkutan Bahan Bakar Minyak/Gas untuk menunjang kelancaran arus kendaraan pemudik.

Pantauan di lokasi, tampak kendaraan pemudik meliputi mobil bus AKAP, bus travel kecil, mobil pribadi berbagasi di atap bernomor polisi diantaranya dari Bandung, Jakarta dan Yogyakarta mulai berdatangan, Jumat siang ini.

Baca juga: Polri berlakukan sterilisasi di KM 414 menuju KM 47 Cikampek siang ini
Baca juga: H+4, prediksi puncak arus balik Lebaran 2022 di Terminal Jember

Rombongan kendaraan pemudik tersebut, datang dari arah Kertapati, Kota Palembang lalu masuk ke Gerbang Tol Kramasan, Ogan Ilir secara lancar.

Begitupun sebaliknya, arus kendaraan pemudik yang keluar dari Gerbang Tol Kramasan juga terpantau demikian.

Seorang pemudik, Hendra, mengatakan, selama perjalanan dari Jakarta kemudian melintasi JTTS dari Gerbang Tol Bakauheni hingga ke Gerbang Tol Kramasan berlangsung lancar dan tidak ada hambatan sama sekali.

"Sudah mulai ramai, di jalan keluar Jakarta, di Pelabuhan Merak-Bakauheni, alhamdulillah lancar sampai sini," kata pemudik tujuan Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan yang melintas keluar dari Gerbang Tol.

Baca juga: Jalur tol arah barat Kalikangkung mulai disterilisasi jelang "one way"
Baca juga: KAI: 39.300 penumpang tiba di Stasiun Daop 1 Jakarta pada H+3 Lebaran

Pewarta: Muhammad Riezko Bima Elko
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022