Bandung (ANTARA) - Sejumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor kerap salah jalan saat melintas di persimpangan jalan antara jalur arteri dan jalur ke Gerbang Tol Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat atau H+3 pada momen arus balik Lebaran 2022.

Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan para pemudik sepeda motor itu kerap salah jalan karena faktor tak melihat rambu lalu lintas atau mengalami kelelahan dalam perjalanan.

"Setelah kami arahkan ke jalan yang benar, kami tanyakan kenapa, katanya gagal fokus, lelah mungkin," kata Kusworo di Pos Terpadu Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Baca juga: Antrean kendaraan dengan tujuan Bogor memanjang dari Cianjur

Menurutnya hal tersebut cukup membahayakan keselamatan. Pasalnya ketika sepeda motor masuk ke jalur GT Cileunyi, kendaraan roda empat melaju cukup cepat.

Adapun sebelum mendekati persimpangan ke GT Cileunyi dari arah timur, pengendara motor memang banyak memilih melaju di lajur sebelah kiri. Karena kendaraan roda empat melaju lebih cepat di lajur tengah.

Namun persimpangan menuju GT Cileunyi berada di lajur kiri, sehingga pemudik yang menggunakan sepeda motor kerap terbawa arus ke lajur kiri yang menuju GT Cileunyi.
Polisi mengarahkan pengendara sepeda motor agar keluar dari lajur yang mengarah ke Gerbang Tol Cileunyi di Simpang Susun Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)
Untuk itu, Kusworo pun mengingatkan kepada para pemudik agar memperhatikan rambu-rambu lalu lintas dengan cermat, khususnya di kawasan persimpangan Cileunyi.

"Kemarin sudah kami tambahkan, mungkin kurang banyak, namun personel kami sudah disiagakan pagar betis, untuk melakukan pengaturan lalu lintas," kata dia.

Selain di samping itu, ia pun mengimbau kepada para pengendara agar beristirahat dengan cukup sebelum melakukan perjalanan. Karena jika lelah, maka pengendara bisa kehilangan fokus ketika di perjalanan.

"Bagi pemudik atau pengendara yang lelah, sebaiknya jangan dipaksakan, khawatir bisa berdampak pada kecelakaan lalu lintas, sehingga silakan untuk singgah di rest area atau pos pengamanan kami," katanya.

Baca juga: Kakorlantas mohon pengertian pengguna tol yang terdampak "one way"
Baca juga: Bandara Soetta pastikan kelancaran bagasi-transportasi di arus balik

 

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022