Jangan sampai usai Lebaran ini kasus COVID-19 di daerah kita naik lagi
Banjarmasin (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan Dr Diauddin mengingatkan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan di tempat-tempat objek wisata pada masa libur Idul Fitri 1443 Hijriah.

"Tempat-tempat wisata di provinsi ini semakin hari semakin meningkat mendapat kunjungan wisata, di mana prediksi puncaknya pada H+4 dan H+5 atau Sabtu dan Minggu, 7-8 Mei, katanya di Banjarmasin, Jumat.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan seluruh dinkes kabupaten/kota agar memperhatikan tempat-tempat wisata yang berpotensi pengunjungnya membludak," tutur Diauddin.

Perhatian yang harus diberikan dinkes, kata dia, dengan mengimbau pengelola objek wisata juga pengunjungnya agar terus menjalankan protokol kesehatan, tetap pakai masker dan tidak berkerumun, karana pandemi COVID-19 belum usai.

"Jangan sampai usai Lebaran ini kasus COVID-19 di daerah kita naik lagi," ujarnya.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin pimpin patroli jaga kondusivitas libur Lebaran

Baca juga: Dinkes Kalsel: Vaksinasi bergerak berlanjut setelah Lebaran


Karena saat ini kasus COVID-19 di Kalsel sudah sangat melandai, bahkan dalam beberapa hari ini hanya ada tambahan satu kasus baru pada Kamis (5/5) berasal dari Kota Banjarbaru.

Hingga kasus aktif atau pasien COVID-19 yang masih dirawat jadi sebanyak 34 orang, dari total 84.266 kasus COVID-19 selama pandemi ini.

Sebab persentase kesembuhan dari COVID-19 di provinsi ini sebesar 96,95 persen atau 81.696 orang sembuh selama pandemi ini. Sementara meninggal dunia sebesar 3,01 persen atau sebanyak 2.536 orang.

Oleh karena itu, kata Diauddin, terus dan tetap waspada untuk penanganan penyebaran COVID-19 di provinsi ini, khususnya pada libur panjang Lebaran ini di mana tempat-tempat wisata penuh.

Tempat-tempat wisata di Kalsel yang berpotensi selalu banyak dikunjungi warga, diantaranya, objek wisata siring sungai Martapura di Kota Banjarmasin dengan adanya wisata susur sungai dan pasar terapung.

Kemudian objek wisata Kiram Park, objek wisata Bukit Batu dan Danau Riam Kanan yang berada di Kabupaten Banjar, menyajikan pemandangan alam dengan perbukitan lebat.

Selanjutnya, wisata pantai di daerah Kabupaten Tanah Laut, yakni, pantai Asmara, Pantai Tangkisung, Pantai Batakan. Demikian juga di saerah Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru yang memiliki garis pantai.

Baca juga: Posko Lebaran diminta bantu keselamatan dan kenyamanan pemudik

Baca juga: Kalsel kembali giatkan penelusuran kasus COVID-19 setelah Lebaran


Pewarta: Sukarli
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022