Pekalongan (ANTARA) - Arus balik pada H+3 Lebaran 2022 yang melalui jalur Tol Pemalang-Batang, Jawa Tengah, dan jalan pantura pada Jumat siang terpantau ramai lancar.

"Arus balik Lebaran masih lancar, belum sampai menimbulkan kemacetan di jalur tol maupun jalan pantura," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Pekalongan AKP Munawwarah saat dihubungi di Pekalongan, Jumat.

Baca juga: Arus balik Lebaran 2022 di Pekalongan terpantau masih sepi

Menurut dia, kepadatan arus lalu lintas di jalur Tol Transjawa masih dapat dikendalikan karena Polri telah memberlakukan sistem satu arah (one way) di jalur tol pada Jumat siang.

Namun demikian, kata dia, untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan di jalan, pihaknya menyiapkan tim urai di ruas jalan pantura.

Kasatlantas AKP Munawwarah berpesan pada pengendara yang melintas di jalur tol agar dapat mengendalikan kecepatan kendaraannya sebagai upaya mencegah terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Jalur tol arah barat Kalikangkung mulai disterilisasi jelang "one way"

"Apalagi dalam kondisi hujan, kami mengingatkan agar pengendara waspada dan berhati-hati, serta dapat mengendalikan kecepatan kendaraannya karena kondisi jalan licin. Sangat berbahaya apabila dalam kondisi hujan, mengendarai kendaraan dengan kecepatan tinggi," katanya.

Ia mengimbau para pengendara agar tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanan apabila kondisi tubuhnya sudah merasa lelah dengan beristirahat di "rest area" terdekat.

Baca juga: Arus kendaraan di jalur selatan Jateng ramai lancar

"Lebih baik beristirahat sejenak di 'rest area' dan melakukan pengecekan kondisi kendaraannya sebelum melanjutkan perjalanan lagi. Itu semua sebagai upaya menghindari sesuatu yang tidak diinginkan dan bisa selamat sampai tujuan," katanya.
 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022