Ambon (ANTARA) - Pihak Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura Ambon, Maluku, mengatakan sebanyak 2.842 orang melakukan perjalanan arus balik melalui bandara internasional tersebut usai merayakan Idul Fitri 1443 Hijriah hingga Kamis (5/5).

"Mereka yang melakukan perjalanan arus balik baik dari dan ke Kota Ambon melalui Bandara Internasional Pattimura pada H+3 sebanyak 2.482 orang," kata Legal Compliance and Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I Cabang Bandara Pattimura, Aditya Narendra di Ambon, Jumat.

Baca juga: Polisi sebut lima ribu kendaraan meninggalkan Sumbar

Untuk jumlah penumpang berangkat (departure) dari Bandara Pattimura menuju Makassar (Sulsel), Jakarta, dan Surabaya (Jatim) pada Kamis (5/5) atau H+3 sebanyak 1.416 orang dan dilayani 18 penerbangan.

Sedangkan penumpang datang (arrival) di Bandara Internasional Pattimura dengan dilayani 19 penerbangan sebanyak 1.066 orang.

Baca juga: Arus balik pantura Cirebon ramai di dua lajur

"Terjadi peningkatan jumlah penumpang datang maupun penumpang berangkat pada Rabu, (4/5) bila dibanding dengan hari kemarin," ujarnya.

Menurut dia, jumlah penumpang yang berangkat dari Bandara Internasional Pattimura Ambon pada Rabu (4/5) atau H+2 sebanyak 1.254 orang, sementara yang tiba 940 orang.

Baca juga: Petugas Terminal Kampung Rambutan siaga 24 jam antisipasi arus balik

"Pergerakan penumpang dan pesawat juga diprediksi akan mengalami kenaikan antara 10 persen hingga 20 persen pada hari Sabtu (7/5) dan Minggu (8/5) karena adanya arus balik," ucap Aditya.

Terjadinya kenaikan tersebut bila dibandingkan dengan frekwensi penerbangan dan aktivitas penumpang datang maupun berangkat pada Maret 2022.

Pewarta: Daniel Leonard
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022