Banda Aceh (ANTARA) - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, menyatakan kabupaten kepulauan di Samudra Hindia tersebut nihil kasus COVID-19 selama libur Lebaran 2022.

"Selama libur Lebaran tidak ada warga Simeulue yang dilaporkan terpapar virus COVID-19," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Simeulue Farhan di Simeulue, Jumat.

Farhan mengatakan warga Simeulue terakhir terpapar COVID-19 dan dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Simeulue sebelum bulan suci Ramadhan. Dan kini, warga tersebut sudah dinyatakan sembuh.

Baca juga: Satgas Aceh Barat sebut kasus COVID-19 nihil sampai dengan H+2 Lebaran

Menurut dia, tidak adanya warga terkonfirmasi positif COVID-19 di Kabupaten Simeulue karena gencarnya program vaksinasi, baik vaksin dosis pertama, kedua, maupun ketiga atau dosis penguat.

Selain itu, kata Farhan, hal tersebut juga tidak terlepas dari kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan di antaranya dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, dan tidak berkerumun.

Baca juga: Polda Aceh: Sebanyak 442.060 orang sudah divaksin dosis penguat

"Kami terus mengingatkan masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Protokol kesehatan merupakan cara efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19," katanya.

Farhan juga mengajak masyarakat yang belum menerima vaksin COVID-19 dosis lengkap untuk mengikuti program vaksinasi dengan mendatangi fasilitas kesehatan serta gerai-gerai yang disiapkan pemerintah daerah bersama instansi terkait lainnya.

Menurut dia, vaksinasi COVID-19 ini penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus corona. Vaksinasi ini merupakan upaya pemerintah mengakhiri pandemi dan menuju endemi COVID-19.

Baca juga: 10 ribu vial stok vaksin Sinovac di Pidie aman sampai Juni 2022

"Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat mendukung upaya pemerintah mengakhiri pandemi dengan mengikuti vaksinasi vaksin COVID-19 dosis lengkap," kata Farhan.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022