Jakarta (ANTARA) - Novak Djokovic mencapai semifinal ketujuhnya di Madrid, Jumat, mengalahkan petenis Polandia Hubert Hurkacz 6-3 6-4 untuk mencatat kemenangan ke-30 sepanjang kariernya di ibu kota Spanyol itu.

Petenis nomor satu dunia tersebut menunggu salah satu dari dua petenis Spanyol, Rafael Nadal atau Carlos Alcaraz, dalam pertarungan empat besar yang sangat dinanti.

"Jujur, saya tidak terlalu peduli siapa yang berada di seberang net. Saya hanya ingin bermain lebih baik dan lebih baik setiap hari. Bagi saya, ini adalah hal terpenting saat ini, fokus dan niat saya benar-benar fokus pada diri saya sendiri," kata Djokovic dikutip dari AFP.

Baca juga: Nadal atur pertemuan dengan Alcaraz di Madrid Open

Djokovic memulai dengan satu break dan hanya itu yang dia butuhkan untuk merebut set pembuka dalam 33 menit.

Hurkacz kehilangan poin servis pada gim kelima set kedua saat Djokovic sekali lagi unggul untuk memimpin.

Unggulan ke-12 asal Polandia itu menyelamatkan dua match point melalui servisnya sendiri pada kedudukan 5-3, memaksa Djokovic untuk merebut kemenangan. Petenis Serbia berusia 34 tahun itu tidak kesulitan untuk menutup pertandingan, melaju ke babak empat besar dalam 81 menit.

Djokovic belum banyak bertanding pada 2022 karena status vaksinasi yang mencegahnya bermain di Australia untuk memasuki Amerika Serikat.

Kemenangannya melawan Hurkacz merupakan kemenangan ketujuh tahun ini dan dia akan mencoba untuk masuk ke final kedua musim ini, setelah harus puas berada di posisi runner-up di Beograd bulan lalu.

Baca juga: Murray mundur dari laga lawan Djokovic di Madrid karena sakit

Djokovic menang walkover di babak 16 besar ketika Andy Murray mundur karena sakit perut.

"Saya tidak memainkan babak ketiga saya melawan Andy tetapi saya merasa baik secara fisik, saya telah memukul bola dengan baik," kata Djokovic.

"Itu bukan tenis yang terlihat bagus di set pertama (melawan Hurkacz) tapi saya pikir set kedua kami meningkatkan kualitas dan level. Saya melakukan servis dengan baik ketika saya perlu, menahan break, itu cukup baik di kedua set."

Baca juga: Hadiah pemenang French Open musim ini bertambah
Baca juga: Nadal sebut pemulihan cederanya seperti "roller coaster"

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022