Bandarlampung (ANTARA) - Bus dengan penumpang yang akan menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, mulai memadati kantong parkir di Dermaga 1 pelabuhan tersebut.

Berdasarkan pantauan, Sabtu dini hari, panjang antrean bus penumpang tersebut, nyaris mendekati pintu tol Pelabuhan Bakauheni.

Rata-rata bus-bus dari berbagai macam perusahaan itu terisi penuh oleh penumpang yang akan kembali ke Pulau Jawa..

Petugas yang berada di lokasi mencoba mengatur dengan mengarahkan bus tersebut agar parkir rapih sebelum menaiki kapal yang akan bersandar.

Baca juga: Pemudik rela menunggu lama di Panjang hindari kepadatan di Bakauheni

Baca juga: Pemudik pejalan kaki berdatangan di Pelabuhan Bakauheni


Sambil menunggu bus besar tersebut naik ke kapal di Dermaga 1, sejumlah penumpang pun turun dari bus untuk sekedar mencari angin ataupun membeli makanan kecil.

Berdasarkan data yang diterima dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, per Jumat (6/5) dari pukul 08.00 hingga 20.00 WIB, jumlah penumpang yang menyeberang melalui pelabuhan itu berjumlah 76.239 orang.

Terinci dari 76.239 penumpang tersebut, 8.335 orang di antaranya pejalan kaki, dan 67.904 pemudik yang berada di dalam kendaraan. Sementara itu kendaraan roda dua yang menyeberang melalui Pelabuhan Bakauheni dalam rentang waktu yang sama 8.449, kendaraan roda empat 9.579, bus sebanyak 125, truk dan kendaraan besar 268.*

Baca juga: Ribuan kendaraan padati Pelabuhan Bakauheni

Baca juga: Arus lalu lintas di Gerbang Tol Bakauheni Selatan ramai lancar

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022