Jakarta (ANTARA) - Ribuan wisatawan masih memadati objek wisata di Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta, pada Sabtu atau H+4 Lebaran 2022.

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Pulau Untung Jawa, Rusli, sejak hari H lebaran (2/5) hingga H+4 Lebaran ini sebanyak 10.116 orang berwisata di tempat tersebut.

"Kebanyakan wisatawan lokal yang datang ke Pulau Untung Jawa melalui Pelabuhan Tanjung Pasir, Tangerang," ujar Rusli dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Rusli menambahkan, biasanya pengunjung mendatangi kawasan wisata di Pulau Untung Jawa seperti Pantai Arsa, Kampung Jepang, Pantai Sakura maupun Jembatan Panah Asmara.

Sementara itu, Lurah Pulau Untung Jawa Supriyadi mengatakan, pihaknya mengerahkan petugas gabungan dalam mengawasi lonjakan wisatawan di Pulau Untung Jawa agar berjalan lancar selama berlibur.

"Petugas mengimbau agar wisatawan selama berlibur selalu menjaga protokol kesehatan dan juga kebersihan," katanya.

Baca juga: Belasan ribu wisatawan manfaatkan libur Idul Fitri ke Kepulauan Seribu
Baca juga: KSOP Muara Angke fungsikan 18 kapal di Kaliadem


Berdasarkan data dari Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kepulauan Seribu, ribuan wisatawan terus berdatangan ke wilayah Kepulauan Seribu sejak 29 April-3 Mei.

Pulau Untung Jawa dan sejumlah pulau wisata permukiman maupun pulau resort seperti Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Pramuka serta Pulau Payung menjadi destinasi favorit untuk menikmati keindahan alam di Kepulauan Seribu selama libur Lebaran.

Kepala Sudin Parekraf Kepulauan Seribu, Puji Hastuti, mengatakan jumlah wisatawan pada 29 April sebanyak 787 wisatawan, 30 April berjumlah 1.875, 1 Mei mencapai 3.246, 2 Mei di angka 3.573 dan 3 Mei sebanyak 5.621.

Pengelola Dermaga Kaliadem Pelabuhan Muara Angke juga melaporkan jumlah penumpang kapal menuju Kepulauan Seribu pada 4-5 Mei masih di atas tiga ribu orang.

Pada Rabu (4/5), tercatat sebanyak 3.344 orang yang menumpang kapal penyeberangan dari dermaga Kaliadem, Muara Angke. Sedangkan total keberangkatan dengan kapal dari Kaliadem, Muara Angke pada Kamis (5/5) sebanyak 3.202 orang.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022