Jakarta (ANTARA) - Para insan industri film dan penggemar di Korea Selatan mencurahkan pesan dukungan untuk kesembuhan aktris veteran Kang Soo-yeon karena menderita serangan jantung dan ditemukan tak sadarkan diri pada Kamis (5/5).

Mantan anggota komite eksekutif Festival Film Internasional Busan (BIFF) Kim Dong-ho, yang merupakan teman Kang, dilaporkan lari ke rumah sakit tempat Kang dipindahkan dari unit gawat darurat ke unit perawatan intensif.

"Dokternya memberi tahu keluarga bahwa kondisinya mungkin tidak membaik bahkan jika dia menjalani operasi, jadi mereka belum memutuskan apakah akan melanjutkan operasi," kata Kim dikutip dari The Korea Times pada Sabtu.

Kim menambahkan bahwa dirinya bertemu dengan Kang sekitar sepekan yang lalu. Menurut Kim, saat itu Kang tampak baik-baik saja dan tampak tidak sakit walau dikabarkan akan pergi ke rumah sakit untuk pemeriksaan.

"Saya mendengar bahwa dia berencana untuk mengunjungi Amerika Serikat segera," tuturnya.

Baca juga: Aktris Kang Soo-yeon dibawa ke rumah sakit akibat henti jantung

Aktris tersebut baru menyelesaikan syuting film Netflix "Jung-E" pada awal tahun ini, ia muncul dalam film untuk pertama kalinya dalam sembilan tahun terakhir. Sutradara Yeon Sang-ho juga mengungkapkan harapan agar Kang cepat sembuh.

"Dia sehat ketika kami syuting. Dan ketika kami bertemu baru-baru ini untuk rekaman ADR (penggantian dialog otomatis), dia dalam kondisi yang baik. Saya percaya semua orang di industri film akan mendoakannya. Saya juga," katanya.

Aktor Han Ji-il, yang ikut bermain dengan Kang dalam film "Come Come Come Upward" (1989), juga menuliskan dukungannya melalui media sosial.

"Mari doakan agar dia bisa pulih dan bersama para penggemarnya lagi," tulis Han.

Para penggemar Kang juga menyatakan keprihatinannya, mereka mendoakan kesembuhan Kang melalui komentar daring.

"Saya harap mereka tidak melewatkan momen emas sejak keluarganya melaporkan keadaan darurat Kang. Saya harap dia sembuh," tulis seorang pengguna di komunitas daring.

Pengguna lain menulis, "Saya sedang menunggu kembalinya dia dengan film Netflix. Bagaimana ini bisa terjadi?"

Aktris berusia 55 tahun itu ditemukan dalam keadaan tidak sadarkan diri di rumahnya di Gangnam-gu, Seoul selatan, dan dibawa ke rumah sakit sekitar pukul 17.40 pada Kamis setelah keluarganya memanggil ambulans.

Kang memulai debutnya sebagai aktris cilik pada usia tiga tahun. Dia diakui secara global setelah memainkan peran utama dalam film "The Surrogate Woman" (1987) karya sutradara Im Kwon-taek, memenangkan penghargaan aktris terbaik di Festival Film Venesia.

Kang telah hiatus setelah membintangi sebuah film pendek berjudul "Jury" pada tahun 2013 dan ditetapkan untuk kembali ke layar dengan film fiksi ilmiah "Jung-E" mendatang sebagai peran utama.

Baca juga: IU beri donasi besar jelang pergantian tahun

Baca juga: Mantan artis "girl band" Korsel penentang penindasan dunia maya tewas

Baca juga: Aktris veteran Korea Kim Min Kyung meninggal

 

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022