Jakarta (ANTARA) - Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo memproyeksi puncak arus balik terjadi pada H+5 atau Minggu (8/5), mengingat peningkatan jumlah kedatangan penumpang masih terus terjadi.

"Proyeksi kami untuk puncak arus balik layanan angkutan umum akan terjadi besok atau Minggu (8/5), karena masyarakat akan bersiap-siap untuk beraktivitas kembali pada Senin (9/5)," kata Syafrin saat mengunjungi Terminal Kalideres di Jakarta, Sabtu.

Syafrin menyampaikan bahwa mulai ada pergerakan peningkatan arus balik di beberapa terminal di DKI Jakarta, di antaranya Terminal Pulo Gebang, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Kalideres.

Baca juga: Peningkatan arus balik dari Puncak ke Jakarta akan terjadi Sabtu siang

"Untuk arus balik dari hasil pantauan saat ini sudah mulai ada pergerakan peningkatan jumlah penumpang. Terjadi peningkatan 100 persen lebih dibandingkan hari sebelumnya," ujar Syafrin.

Misalnya, lanjut Syafrin, kedatangan penumpang di Terminal Kampung Rambutan hari ini atau H+4 mencapai 7.600 orang, di mana angka tersebut meningkat dibandingkan H+2 yang angkanya 3.000 penumpang.

Sementara di Terminal Kalideres, kedatangan penumpang hingga H+4 pukul 09.00 WIB mencapai 1.457 penumpang. Angka tersebut melonjak dibandingkan total kedatangan H+3 yang berjumlah 1.221.

Baca juga: Pemudik pulang lebih awal hindari puncak arus balik

Baca juga: Kakorlantas sebut "one way" arus balik dimungkinkan berlaku 24 jam


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022