Jakarta (ANTARA) - Pangeran Harry dan istrinya Meghan Markle dipastikan akan hadir ke perayaan Ratu Elizabeth bertahta, Platinum Jubilee, bersama anak-anak mereka.

"Pangeran Harry dan Meghan, Duke dan Duchess of Sussex, merasa senang dan terhormat untuk menghadiri perayaan Platinum Jubilee Sang Ratu pada Juni ini dengan anak-anak mereka," kata juru bicara kerajaan Inggris Raya, dikutip dari Reuters, Sabtu.

Kunjungan mereka pada Juni mendatang akan menjadi pertemuan pertama Ratu Elizabeth dengan cicitnya Lilibeth, yang sekarang berusia 11 bulan. Lilibeth merupakan panggilan sang ratu ketika anak-anak.

Pangeran Harry dan Meghan Markle sudah tidak lagi menjadi anggota Kerajaan Inggris Raya sejak Januari 2020. Oleh karena itu, pada acara Trooping the Colour nanti, mereka, termasuk anak-anak mereka Archie dan Lilibeth, tidak akan berada di balkon.

Baca juga: Pangeran Harry & Meghan akan diberi penghargaan untuk pelayanan publik

Pangeran Andrew juga dipastikan tidak akan ada di balkon nanti.

"Setelah pertimbangan yang matang, Ratu memutuskan tradisi tampil di balkon saat Trooping the Colour pada Kamis, 2 Juni, akan terbatas untuk Yang Mulia dan anggota kerajaan yang sekarang menjalankan tugas resmi kerajaan mewakili Ratu," kata juru bicara.

Pangeran Harry pada Maret tidak hadir pada upacara peringatan kakeknya, Pangeran Philip, Duke of Edinburgh. Dia pernah menyatakan tidak bisa pulang ke Britania Raya karena khawatir pengamanan untuk keluarganya.

Kuasa hukum Pangeran Harry mengatakan Duke dan Duchess of Sussex membayar sendiri tim keamanan untuk keluarganya, namun, tidak bisa memberikan perlindungan yang diperlukan ketika mereka berada di Inggris Raya.

"Dalam ketiadaan perlindungan seperti itu, Pangeran Harry dan keluarganya tidak bisa pulang ke rumahnya," kata kuasa hukum.

Pemerintah Inggris Raya berhenti menyediakan dan membayar pengamanan untuk sang pangeran dan keluarganya sejak dia tidak lagi menjadi anggota kerajaan.

Baca juga: Saat kunjungi Inggris, Pangeran Harry pastikan Ratu "terlindungi"

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle kunjungi Ratu Elizabeth

Baca juga: Pangeran Harry dituduh "hina" Ratu Elizabeth

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2022