Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta melaporkan mulai menerima kedatangan penumpang dengan jumlah yang cukup tinggi dengan peningkatan mulai terjadi sejak 4 Mei 2022.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan meski penumpang berangkat masih tinggi, sejumlah stasiun juga mulai mengalami kedatangan penumpang dengan volume cukup tinggi. Peningkatan kedatangan penumpang sudah mulai terjadi sejak 4 Mei 2022.

"Untuk Jumat (6/5) terdapat sekitar 39.300 penumpang yang datang di area Daop 1 Jakarta. Berdasarkan data kedatangan pada masa Angkutan Lebaran untuk Daop 1 Jakarta volume penumpang datang mengalami kenaikan tertinggi pada tanggal 5 sampai dengan 6 Mei 2022," katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Kedatangan penumpang diperkirakan masih mengalami peningkatan hingga 10 Mei 2022. Data memperlihatkan pada periode 4-6 Mei 2022 terdapat 111.700 penumpang tiba di Stasiun Gambir, Pasar Senen, Jatinegara, Jakarta Kota, Bekasi, dan Cikampek.

Baca juga: KAI: Masih ada 3.040 kuota pengiriman motor gratis periode arus balik

Pihaknya memastikan seluruh penumpang yang tiba telah memenuhi persyaratan perjalanan penumpang kereta api karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun keberangkatan, sehingga saat tiba di stasiun tujuan penumpang tidak melalui proses pemeriksaan berkas kembali.

"Untuk memperlancar arus penumpang turun di stasiun, Daop 1 Jakarta menempatkan sejumlah petugas, baik di area peron dan hall, untuk membantu mengarahkan penumpang yang tiba agar tidak berkerumun di satu lokasi tertentu saat akan menunggu penjemputan," ujarnya.

Sejumlah petugas juga melakukan pemeriksaan ulang untuk memastikan tidak ada barang penumpang yang tertinggal.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh pengguna jasa agar memeriksa kembali seluruh barang bawaan sebelum turun dari kereta untuk menghindari risiko barang tertinggal.

Baca juga: KAI: Masih ada 10 ribu pemudik berangkat dari Stasiun Gambir pada H+3
Baca juga: KAI: Masih banyak tiket kereta api untuk keberangkatan mulai 9 Mei
Baca juga: KAI: 39.300 penumpang tiba di Stasiun Daop 1 Jakarta pada H+3 Lebaran


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022