Cianjur (ANTARA) - Polres Cianjur, Jawa Barat, memberlakukan sistem satu arah menuju Bogor lebih cepat dari jadwal, Sabtu, pukul 13.00 WIB guna mengantisipasi macet total seiring lonjakan arus balik Lebaran yang melintas di jalur utama Cianjur.

Antrean panjang kendaraan menuju arah Bogor dari Cianjur, meningkat sejak Sabtu pagi hingga siang, dengan laju kendaraan terhenti selama beberapa menit.

Antrean terus memanjang seiring dengan diberlakukan sistem satu arah menuju Cianjur dari Bogor.

Sebagian besar kendaraan yang melintas merupakan pemudik dengan tujuan balik sambil menghabiskan liburan hari raya di kawasan Puncak, sehingga antrean ke tempat wisata, seperti Kebun Raya Cibodas, Savilage, dan Taman Bunga Nusantara, sempat terlihat memanjang dengan laju tersendat.

Baca juga: Jalur utama Cianjur berangsur normal setelah sistem satu arah

Upaya rekayasa arus, termasuk penyekatan menuju sejumlah tempat wisata, diberlakukan petugas di masing-masing pospam dan tim pengurai macet di sepanjang jalur Puncak-Cipanas, guna mengantisipasi macet total menjelang pemberlakuan satu arah menuju Bogor. Penerapan sistem satu arah diberlakukan mulai dari kawasan Puncak Pass hingga pintu tol Ciawi.

Kapolres Cianjur AKBP Doni Hermawan mengatakan pihaknya sudah memprediksi puncak arus balik yang melintas di jalur utama Cianjur, akan meningkat tajam Sabtu, sehingga berbagai upaya antisipasi dilakukan termasuk mengarahkan pengendara ke sejumlah jalur alternatif.

"Kami juga memajukan sistem satu arah yang sifatnya situasional yang seharusnya jam 14.00 WIB menjadi pukul 13.00 WIB, karena berbagai pertimbangan, termasuk ekor antrean dengan laju terhenti yang sudah lebih dari 15 kilometer," katanya.

Pihaknya memprediksi kepadatan arus akan terjadi hingga Minggu (8/5) dini hari, sehingga rekayasa arus dan penyekatan hingga penutupan jalur menuju Puncak-Cipanas, kemungkinan akan diberlakukan Sabtu malam.

Baca juga: Kapolres imbau pemudik hindari melintas di jalur utama Cianjur
Baca juga: Antrean kendaraan di Puncak-Cianjur terus memanjang pada H+2 Lebaran

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022