Tangerang (ANTARA) - Para pemudik dari berbagai daerah di Tanah Air mulai memadati Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, pada H+4 Lebaran 2022, Sabtu. 

"Sejak tanggal 6 Mei lalu, memang sudah ada peningkatan penumpang dan juga jumlah pesawat baik di Bandara Soekarno-Hatta maupun 19 bandara lainnya yang di bawah Angkasa Pura II," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaludin saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang di Tangerang, Sabtu.

Dia menjelaskan pada Jumat (6/5), terdapat 135.000 penumpang, baik yang berangkat maupun datang di Bandara Soekarno-Hatta, sedangkan pergerakan pesawat, baik yang berangkat maupun menuju Soekarno-Hatta mulai di atas 1.000 penerbangan.

"Untuk keseluruhan AP II, total penumpang pada Jumat (6/5) lalu mencapai 203.000 penumpang dan jumlah penerbangan mencapai 1.600 penerbangan. Jadi sudah mulai terasa puncak arus balik sejak kemarin, " kata dia.

Baca juga: Penumpang arus balik di bandara Belitung capai 6.022 orang

Pihaknya menambahkan akan terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang melakukan perjalanan udara.

"Kami terus monitor dan melakukan siaga penuh di posko terpadu mudik Lebaran. Mudah-mudahan berjalan lancar dan terkendali hingga puncak arus balik selesai," ucap dia.

Sebelumnya Senior Manager Branch Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta Tangerang M. Holik Muardi mengatakan pihaknya juga memastikan kenyamanan penumpang untuk penanganan bagasi, kelancaran transportasi, dan ketersediaan troli.

Selama arus balik, pihaknya berfokus pada area kedatangan untuk memastikan penumpang dapat terlayani dengan optimal meskipun terjadi lonjakan penumpang.

Baca juga: Bandara SMB II Palembang optimalkan posko siaga angkutan Lebaran
Baca juga: PT Angkasa Pura imbau pemudik lakukan perjalanan arus balik lebih awal
Baca juga: Pemudik pulang lebih awal hindari puncak arus balik

Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022