Jakarta (ANTARA) - Joel Embiid kembali melantai setelah sepekan terakhir dibekap cedera dan Philadelphia 76ers merebut kemenangan Gim 3 semifinal Wilayah Timur NBA kontra Miami Heat dengan skor 99-79 di Wells Fargo Center, Pennsylvania, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Bermain mengenakan topeng medis berwarna hitam untuk penyembuhan keretakan tulang orbita yang masih belum publik benar, Embiid membukukan dwiganda 18 poin dan 11 rebound demi mengantarkan Sixers memperkecil ketertinggalan seri 1-2.

Tyrese Maxey dan Danny Green sama-sama jadi pendulang angka terbanyak Sixers dengan 21 poin, James Harden turut membantu lewat 17 poin, delapan rebound, dan enam assist, sedangkan Tobias Harris turut berkontribusi sembilan poin, 10 rebound, dan delapan assist.

Heat mengalami malam terburuk mereka di fase playoff musim ini setelah hanya mampu mengkonversi 35,1 persen dari percobaan terbuka sepanjang pertandingan.

Baca juga: Sixers kemungkinan masih tanpa Joel Embiid lakoni Gim 3 lawan Heat
Baca juga: Heat vs Sixers: Menanti nasib dan peran Joel Embiid


Jimmy Butler memborong 33 poin dan sembilan rebound, tapi bantuan yang datang hanya berupa 14 poin dari Tyler Herro, sedangkan Bam Adebayo yang menemui lawan sepadan dengan kembalinya Embiid cuma mencetak sembilan poin, demikian catatan situs resmi NBA.

Setelah menutup paruh pertama memimpin 41-34 atas Heat, Sixers memperlebar keunggulan mereka hingga sejauh 14 poin di awal-awal kuarter ketiga.

Namun, Heat menciptakan momentum apik lewat raupan poin 20-6 untuk membuat kedudukan imbang 57-57 pada sisa waktu tiga menit delapan detik kuarter ketiga.

Maxey menjawabnya dengan tripoin yang disusul layup untuk menciptakan jarak lagi bagi Sixers dan sebuah tembakan luar busur dari Herro untuk Heat membuat kuarter ketiga berakhir dengan marjin tipis 68-65 bagi tuan rumah.

Sayangnya momentum Heat berlalu di kuarter pemungkas yang menjelma jadi panggung pertunjukan Maxey di mana ia mengemas 13 poin tambahan untuk menyokong Sixers mengunci kemenangan 99-79.

Kemenangan ini dan kembalinya Embiid jelas bakal menjadi suntikan positif bagi Sixers yang akan menjamu Heat lagi di Wells Fargo Center untuk Gim 4 pada Minggu (8/5) waktu setempat.

Baca juga: Warriors kehilangan Gary Payton II setidaknya dua pekan
Baca juga: Dillon Brooks dilarang tampil bela Grizzlies di Gim 3 kontra Warriors

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022