Iya, kerja sama dengan TransJakarta, kemarin saya sudah koordinasi. TransJakarta itu bus regulernya sampai pukul 12 malam, itu untuk bus gandeng
Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnain berkoordinasi dengan pihak TransJakarta untuk menyiapkan angkutan umum bagi pemudik yang tiba di terminal dari kampung halaman masing-masing pada malam dan dini hari.

"Iya, kerja sama dengan TransJakarta, kemarin saya sudah koordinasi. TransJakarta itu bus regulernya sampai pukul 12 malam, itu untuk bus gandeng. Setelah pukul 12 malam itu mengeluarkan bus Andini (Angkutan dini hari)," kata Revi ditemui di Jakarta, Sabtu.

Menurut Revi, pihak TransJakarta menyediakan bus nongandeng untuk Andini dengan jumlah armada yang banyak.

Selain itu, lanjut Revi, terdapat Amari atau angkutan malam hari, yang dapat dimanfaatkan para pemudik yang tiba di terminal saat malam.

"Amari itu terdiri dari bus kota seperti Mayasari Bakti, kemudian angkutan kota, ada juga JakLingko itu membantu sekali," ujar Revi.

Adapun trayek angkutan yang tersedia dari Terminal Kalideres yakni menuju Tangerang, Ciputat, Serpong, Sepatan, Kotabumi. Selain itu, banyak pula angkutan yang menuju ke berbagai daerah di Jakarta.

Menurut Revi, layanan Amari dan Andini dioperasikan karena banyak bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang tiba di terminal pada malam hingga dini hari.

Namun, Revi menyampaikan bahwa banyak pemudik yang memanfaatkan taksi reguler dan taksi online untuk kembali ke kediaman masing-masing dari terminal.

Diketahui, para pemudik dapat menggunakan pilihan amari setelah tiba di terminal, diantaranya Trans Jakarta. Selain itu, terdapat Amari yang beroperasi hingga pukul 00.00 WIB.

Jika tiba lewat dari pukul 00.00 WIB, pemudik dapat menggunakan transportasi Andini yang beroperasi pada pukul 00.01-04.30 WIB. Di luar jam itu, terdapat angkutan reguler yang beroperasi seperti hari biasanya.

Baca juga: 985 penumpang tiba di Terminal Kampung Rambutan pada H+4 Lebaran
Baca juga: H+4, arus balik di terminal Pelabuhan Tanjung Priok lengang
Baca juga: Menhub resmikan revitalisasi tiga Terminal Tipe A di Jawa Tengah


Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2022