puncak kunjungan itu pada Rabu dan Kamis, di Jatim Park Group, pengunjung mencapai 35 ribu orang
Kota Batu, Jawa Timur (ANTARA) - Jumlah kunjungan wisatawan pada sejumlah destinasi wisata yang dikelola Jatim Park Group di wilayah Kota Batu, Jawa Timur, pada periode libur Lebaran 2022 mencapai 150.000 orang.

Marketing and Public Relation Jatim Park Group Titik S Ariyanto di Kota Batu, Sabtu mengatakan rata-rata, jumlah kunjungan wisatawan pada destinasi yang dikelola Jatim Park Group pada periode libur Lebaran lebih dari 25 ribu wisatawan per hari.

Pada periode libur perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriahi, lanjutnya, puncak kunjungan wisatawan pada sejumlah destinasi wisata yang dikelola Jatim Park Group terjadi pada 4-5 Mei 2022.

Pada periode tersebut, tercatat jumlah kunjungan wisatawan mencapai lebih dari 35 ribu orang wisatawan. Namun, memasuki akhir libur Lebaran, jumlah kunjungan wisatawan pada sejumlah destinasi tersebut sudah mulai mengalami penurunan.

"Jadi puncak kunjungan itu pada Rabu dan Kamis, di Jatim Park Group, pengunjung mencapai 35 ribu orang," ujarnya.

Titik menjelaskan, penurunan jumlah pengunjung pada sejumlah destinasi wisata yang dikelola Jatim Park Group tersebut disebabkan sudah banyak masyarakat yang mulai melakukan arus balik dan kembali ke daerahnya masing-masing.


Baca juga: Antisipasi COVID-19, Jatim Park tutup seluruh wahana hingga 20 April

"Hari ini saya lihat juga sudah tidak ada kemacetan. Kemungkinan akhir pekan ini sudah banyak masyarakat yang kembali ke daerahnya masing-masing," tambahnya.

Sebagai informasi, Jatim Park Group saat ini mengelola kurang lebih sebanyak delapan lokasi dengan 14 taman wisata. Beberapa diantaranya adalah Jatim Park 1, Jatim Park 2, Jatim Park 3, Batu Night Spectacular, Eco Green Park dan Museum Angkut.

Guest Relation Officer Jatim Park 2 Edo Mayranda menambahkan, pada akhir pekan dalam masa libur Lebaran 2022, jumlah kunjungan wisatawan pada destinasi tersebut sudah mengalami penurunan dibanding hari sebelumnya.

Secara rata-rata, lanjutnya, jumlah kunjungan wisatawan pada salah satu destinasi wisata yang memiliki beragam koleksi hewan tersebut berkisar pada angka 3.000 kunjungan per hari. Puncak kunjungan wisatawan juga tercatat terjadi pada Rabu dan Kamis.

"Pada Rabu dan Kamis kunjungan mencapai 5.000 orang, itu puncaknya. Untuk hari ini kurang lebih 3.000 orang," ujarnya.

Ia menambahkan, jumlah kunjungan wisatawan tersebut jauh lebih baik dibanding pada saat akhir pekan dalam kondisi biasa. Pada akhir pekan, jumlah pengunjung Jatim Park 2 berkisar pada angka 1.000 orang.

Baca juga: Kunjungan wisatawan di Jatim Park Kota Batu diproyeksi naik 20 persen

"Kalau dilihat dari intensitasnya Sabtu ini malah turun. Puncaknya pada Kamis kemarin, kemudian Jumat mulai turun dan hari ini lebih turun lagi. Karena masyarakat sudah mulai kembali, persiapan untuk kerja," ujarnya.

Ia menambahkan, meskipun mengalami kenaikan jumlah kunjungan wisatawan pada masa libur Lebaran tersebut, namun jumlah pengunjung masih jauh di bawah kapasitas maksimal yang sebesar 20 ribu pengunjung.

"Kapasitas total kami 20 ribu orang, dan jumlah kunjungan juga masih jauh dari ketentuan pembatasan maksimal 75 persen kunjungan wisatawan," katanya.

Pada libur Lebaran kali ini, aktivitas wisata di Kota Batu, Jawa Timur mengalami kenaikan dibanding pada tahun sebelumnya. Pemerintah telah melonggarkan kebijakan perjalanan mudik Lebaran yang berdampak pada aktivitas ekonomi di sejumlah daerah.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyatakan berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan akan ada sebanyak 16,8 juta orang yang akan mudik ke Jawa Timur, dimana sebanyak 47 persen menggunakan mobil pribadi termasuk ke wilayah Malang Raya.

Baca juga: Sektor wisata Kota Batu mulai dibuka untuk wisatawan
Baca juga: 40 ribu pengunjung padati "Jatim Park" per hari


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022