Jakarta (ANTARA) - Kang Soo-yeon, bintang film Korea Selatan yang terkenal era 80-an atau 90-an, meninggal dunia dua hari setelah menderita henti jantung dalam usia 55 tahun, dikutip dari laporan Yonhap pada Sabtu.

Keluarga aktris itu mengatakan Kang meninggal dunia karena pendarahan otak pada pukul 3 sore waktu setempat di sebuah rumah sakit di Seoul selatan. Sebelumnya Kang telah menerima perawatan medis di rumah sakit setelah jatuh pingsan di rumahnya pada Kamis (5/5).
​​​​​​
Baca juga: Insan perfilman Korsel berharap Kang Soo-yeon segera pulih

Para pelaku industri film Korea Selatan akan segera mengorganisir sebuah komite pemakaman yang dipimpin oleh Kim Dong-ho, mantan ketua Busan International Film Festival (BIFF).

Kang lahir di Seoul pada 1966 dan melakukan debut aktingnya di Tonyang Broadcasting Company (TBC) saat berusia empat tahun. Dia membintangi sejumlah serial TV dan film serta menjadi aktris cilik terkenal di Korea Selatan.

Pada usia 21 tahun, ia memenangkan penghargaan aktris terbaik di Festival Film Internasional Venesia untuk perannya dalam "The Surrogate Womb" karya sutradara Im Kwon-taek pada tahun 1987. Prestasi tersebut menjadikannya aktor Korea pertama yang memenangkan penghargaan di festival film paling bergengsi di dunia.

Baca juga: Aktris Kang Soo-yeon dibawa ke rumah sakit akibat henti jantung

Dua tahun kemudian, Kang mengambil peran utama dalam film karya sutradara Im lainnya berjudul "Come, Come, Come Upward" (1989) dan menerima penghargaan aktris terbaik di Festival Film Internasional Moskow.

Berkat dua penghargaan internasional utama, ia mendapat julukan "bintang kelas dunia" dan menjadi salah satu bintang film paling dicari di Korea Selatan.

Kang menikmati masa kejayaan pada tahun 1990-an, membintangi banyak film box office termasuk "The Road To Race Track" (1991), "Blue in You" (1992), "Go Alone Like Musso's Horn" (1995), dan "Girl's Night Keluar" (1998).

Penampilan Kang di TV lebih sedikit dibandingkan di layar lebar, namun dia disebut sebagai salah satu bintang terkaya di industri film Korea Selatan. Di antara drama yang ia mainkan, dua yang terkenal termasuk "Diary of High School Student" (1983-1986) dan "Ladies of the Palace" (2001).

Pada 2015 hingga 2017, Kang juga pernah menjabat sebagai co-executive director BIFF. Belum lama ini Kang menyelesaikan syuting film Netflix "Jung-E" karya sutradara Yeon Sang-ho, setelah hiatus sekitar 10 tahun usai film indie pendek "Jury" pada 2013.

Baca juga: ATEEZ luapkan kegembiraan akhirnya manggung di London saat pandemi

Baca juga: Zico selesai jalani wajib militer

Baca juga: Resso hadirkan daftar putar musik K-Pop

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022