bus yang datang sebanyak 206 unit
Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.764 penumpang tiba di Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang, pada Sabtu siang atau arus balik H+4 Lebaran 1443 Hijriah.

"Untuk 'update' data pada Sabtu siang pukul 14.30 WIB, bus yang datang sebanyak 206 unit, dengan penumpang sebanyak 1.764 orang," kata Komandan Regu Terminal Bus Terpadu Pulo Gebang, Bonari, saat ditemui di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu.

Bonari mengatakan penumpang tersebut sebagian besar berasal dari Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Bali.

Menurut tabulasi data penumpang harian Terminal Pulo Gebang, jumlah penumpang yang tiba telah mengalami kenaikan secara berkala sejak H+1, meski demikian kenaikan tersebut tidak sampai menimbulkan kepadatan di terminal.

Adapun data penumpang tiba di Terminal Pulo Gebang pada H+1 yakni 104 bus dengan 717 penumpang tiba.

Kemudian pada H+2 tiba 149 bus dengan 998 penumpang sedangkan pada H+3 tercatat tiba 225 bus dengan kedatangan 1.720 penumpang.

Meski telah kedatangan ribuan penumpang Bonari mengatakan kondisi arus balik di Terminal Terpadu Pulo Gebang,  masih aman dan kondusif serta tidak ada laporan mengenai tindak kejahatan yang menimpa pemudik.

"Alhamdulillah sampai saat ini kejahatan masih nihil, jadi belum ada satu pun laporan kejahatan yang sampai ke pihak kami," ujarnya.

Bonari juga mengingatkan kepada para pemudik yang tiba di terminal itu untuk menjaga protokol kesehatan dan selalu menggunakan masker.

Apabila ada pemudik yang merasa kurang sehat diharap untuk segera mendatangi posko kesehatan yang disediakan pengelola terminal.

Baca juga: Penumpang di Terminal Pulo Gebang diingatkan untuk awasi barang bawaan

Baca juga: Jumlah pemudik di Terminal Pulo Gebang berkurang 20 persen

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022