Selain harganya murah, suasana dan rasa makanannya juga lebih enak
Jakarta (ANTARA) -
Ketua DPR RI Puan Maharani merekomendasikan menu favoritnya bagi masyarakat yang ingin menikmati kuliner Nusantara saat suasana Lebaran 2022.

"Saya suka soto di sana karena rasa kuahnya segar dan autentik. Mas Gibran pun suka," kata Puan dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Puan mempunyai sejumlah tempat santap favorit yang hampir semuanya adalah warung makan sederhana. Ketua DPP PDI-P itu lebih memilih makanan sederhana di pinggir jalan ketimbang restoran mewah.

"Selain harganya murah, suasana dan rasa makanannya juga lebih enak," kata Puan.

Mumpung saat ini masih dalam momen Lebaran, Puan pun merekomendasikan kuliner Nusantara favoritnya kepada masyarakat.

Salah satu tempat yang menjadi favorit Puan adalah Soto Ayam Gading 2 di Solo. Setiap berkunjung ke Solo, Puan pasti mampir ke tempat itu.
 
Misalnya pada 2019, Puan menyantap soto favoritnya itu ditemani putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Selain Solo, Klaten juga menjadi tempat favorit Puan untuk berwisata kuliner.

Pada salah satu kunjungan kerjanya ke Klaten 2019 lalu, putri bungsu Megawati itu juga pernah menyempatkan diri kulineran sederhana.
 
Puan mampir menikmati lezatnya ayam goreng, sop ayam, soto bening, sampai baceman. Ia mengaku suka makanan khas Klaten seperti soto dan ayam goreng.
“Makanan di sana sedap dan di Jakarta enggak ada," kata Puan.

Kuliner Nusantara favorit Puan tentunya tak hanya di Pulau Jawa. Beralih ke Kota Palembang, pempek juga menjadi salah satu makanan kegemaran cucu Sang Proklamator RI. 

Puan bahkan sudah mempunyai toko langganan. Tiap berkunjung ke Palembang, ia pasti mampir untuk membeli pempek di toko Pempek Terkenal.
 
Bahkan jika memang tak berkesempatan ke Palembang, Puan biasanya memesan pempek dari toko itu untuk dikirim ke Jakarta.

"Pempeknya berbeda dengan pempek-pempek lain. Dia punya rasa yang khas karena dibuat pakai ikan belida," kata Puan.
 
 
Puan juga menyukai makanan khas Sulawesi Utara. Beragam makanan asal daerah itu seperti ikan cakalang, woku-woku, hingga bubur Manado selalu sukses menarik perhatian Puan.

Pada Juni tahun lalu, Puan pun berkesempatan meresmikan 'Kolongan Village Culture Resto' di Kolongan, Minahasa Utara.
 
 
"Saya harap Kolongan Village Culture Resto ini juga rasa makanannya harus bisa jadi kebanggaan Sulawesi Utara. Harus terus ditingkatkan kualitas rasa makanan dan layanannya dan keberadaannya dapat membangkitkan kekhasan kuliner provinsi ini," kata Puan.
 
Tidak neko-neko soal makanan, Puan pun kerap kali menyantap makanan di kantin parlemen di sela-sela kesibukan pekerjaannya selaku ketua. Kehadiran Puan ke kantin parlemen sempat mengejutkan penjual di sana.

Sebab, kantin parlemen itu menjual makanan sederhana dan lebih diperuntukkan bagi karyawan, sangat jarang ada anggota DPR yang makan di sana. Namun berbeda bagi Puan, ia tidak masalah menyantap makanan di kantin parlemen.
 
 
"Makanan di kantin parlemen itu enak-enak. Tempatnya juga bersih," kata Puan.

Kantin itu menjual berbagai makanan khas Indonesia hingga mancanegara. Puan mengaku suka makan bakso dan tapai ketan pulut.

"Saya belum pernah merasakan lezatnya tape ketan di tempat lain. Yang lain kalah dibanding tape ketan pulut Balsem," ujar Puan .

Baca juga: Episode baru "Kuliner Indonesia Kaya" eksplorasi sajian khas tiga kota
Baca juga: Menikmati hidangan langka warisan Nusantara untuk Ramadhan

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2022