Ketika Anda memasukkan Jo di tim manapun, kandang maupun tandang, pertandingan, laporan peninjau kekuatan lawan, semuanya berubah secara drastis
Jakarta (ANTARA) - Bintang Miami Heat Jimmy Butler tidak sungkan untuk mengakui dampak yang dihadirkan oleh bintang Philadelphia 76ers Joel Embiid atas permainan maupun hasil Gim 3 semifinal Wilayah Timur NBA di Wells Fargo Center, Jumat (6/5) waktu setempat.

Setelah diragukan bisa tampil 24 jam sebelumnya, Embiid melantai lagi mengenakan topeng medis sebagai antisipasi cedera keretakan tulang orbita di wajahnya dan memimpin Sixers menang 99-79 untuk memperkecil ketertinggalan seri jadi 1-2 dari Heat.

"Ketika Anda memasukkan Jo di tim manapun, kandang maupun tandang, pertandingan, laporan peninjau kekuatan lawan, semuanya berubah secara drastis," kata Butler selepas pertandingan dikutip dari situs resmi NBA, Sabtu.

Baca juga: Joel Embiid kembali, Sixers rebut Gim 3 kontra Heat

"Hal itu sudah berlangsung sepanjang kariernya," ujar Butler, yang juga pernah berbagi lapangan dengan Embiid membela Sixers sejak pertengahan musim 2018-19 hingga semifinal Timur.

Butler juga tampil hebat dengan memborong 33 poin bagi Heat pada gim kali ini, tapi bantuan hanya datang dari Tyler Herro yang mencetak 14 poin.

Secara keseluruhan tim, Heat hanya mencapai tingkat konversi 35,1 persen dari percobaan terbuka sepanjang laga, angka terburuk mereka di fase playoff musim ini.

Bahkan kehadiran Embiid membuat Bam Adebayo hanya mencetak sembilan poin, setelah kuasanya di bawah keranjang tak seleluasa pada Gim 1 dan 2 di mana ia masing-masing mencetak 24 poin dan 23 poin.

Baca juga: Heat vs Sixers: Menanti nasib dan peran Joel Embiid

"Ini harus masuk perhitungan Anda. Dia seorang pemain berkaliber MVP," ujar pelatih kepala Heat Erik Spoelstra.

Embiid memang menjadi salah satu kandidat akhir Pemain Terbaik (MVP) NBA 2021-22 bersaing dengan Giannis Antetokounmpo (Milwaukee Bucks) dan Nikola Jokic (Denver Nuggets) setelah sebelumnya sudah menyabet gelar top skor musim reguler.

Spoelstra maupun Butler tentu harus meramu siasat untuk menghentikan Embiid jika mereka tidak ingin kehilangan keunggulan seri pada Gim 4 yang dimainkan di Wells Fargo Center lagi pada Minggu (8/5) waktu setempat.

Baca juga: Absennya Kyle Lowry jadi motivasi penting bagi Jimmy Butler

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022