Lampung Selatan (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebutkan bahwa baru sekitar 40 persen kendaraan yang balik ke Pulau Jawa dari Pulau Sumatera pada arus balik Lebaran 2022.

"Berdasarkan data tadi pagi baru 40 persen kendaraan yang pulang sehingga masih ada 60 persen lagi yang belum bergerak baik dari Sumatera ke Jawa," kata Menhub di Lampung Selatan, Lampung, Sabtu.

Baca juga: Menhub ajak pemudik pulang setelah puncak arus balik cegah penumpukan

Menurut dia, masih sekitar 60 persen kendaraan yang belum bergerak tersebut merupakan angka yang mengkhawatirkan, karena saat arus mudik dengan 37 ribu kendaraan yang bergerak, Pelabuhan Merak macet hingga 10 kilometer.

"Bisa dibayangkan kalau 45 ribu atau 50 ribu kendaraan bergerak di hari yang sama, hal ini bakal jadi permasalahan serius karena pelayanan bisa jadi tidak baik," kata dia.

Baca juga: 2.326 pemudik telah menyeberang melalui Pelabuhan Panjang

Oleh karena itu, lanjut dia, sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo bahwa seyogyanya pemudik yang akan ke Jakarta atau Jawa tidak pulang secara bersamaan esok hari.

"Tundalah kepulangannya, jangan besok, namun bisa hari Senin atau Selasa pulangnya agar tidak terkena kemacetan," kata dia.

Baca juga: Menhub: Pelabuhan Panjang jadi alternatif penyeberangan tiap tahun

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Ira Puspa Dewi serta pejabat pemerintah daerah terkait secara bersama mengecek kesiapan Bandara Radin Inten, Pelabuhan Bakauheni, dan Pelabuhan Panjang pada masa arus balik Lebaran 2022.
 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022