Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi memastikan sampai dengan hari ini pasca perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 ketersediaan pangan masih aman dan harga stabil.

"Secara umum semua bahan pangan pokok tersedia dan harga stabil berdasarkan pemantauan secara langsung ke pasar tradisional," kata Arief dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.
 
Badan Pangan Nasional melakukan pemantauan langsung ke beberapa titik pasar tradisional mulai dari wilayah Sumatera, Sulawesi, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Bogor dan sekitarnya.
 
Kegiatan pemantauan itu untuk memastikan ketersediaan dan harga pangan stabil di momentum liburan Lebaran 2022 karena tahun ini pemerintah telah mengizinkan masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.
 
Berdasarkan pemantauan, harga daging sapi segar terbilang stabil dengan rata-rata nasional Rp137.050 per kilogram atau sama seperti harga sebelum Lebaran.
 
Selain itu, harga daging ayam ras berada di kisaran Rp38 ribu sampai Rp40 ribu per kilogram tergantung ukuran.
 
"Beras medium harga relatif stabil di harga Rp10.830 per kilogram, bawang merah Rp35.740 per kilogram, bawang putih Rp30.850 per kilogram, cabe merah keriting dan cabe rawit merah masih stabil di kisaran mulai Rp30 ribu sampai Rp45 ribuan per kilogram," ujar Arief.
 
Sementara itu mengenai komoditas gula pasir di beberapa pasar tradisional tersedia dengan kisaran harga Rp14 ribu sampai Rp15 ribu per kilogram, telur Ayam pada kisaran Rp26 ribu per kilogram.
 
Meski beberapa pasar tradisional terpantau sepi, lanjutnya, pengunjung selama hampir sepekan pasca Lebaran, namun harga komoditas pangan relatif stabil.



Baca juga: Badan Pangan Nasional akan jaga harga pangan di tingkat hulu dan hilir
Baca juga: Pemerintah pastikan ketersediaan sembako aman saat Ramadhan
Baca juga: Mentan pastikan ketersediaan pangan pokok aman sampai Lebaran
Baca juga: Ekonom sebut lonjakan harga pangan Lebaran 2022 berhasil diredam

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2022