Cirebon (ANTARA) - Kang Soo-youn, bintang film ikonik Korea Selatan tahun 1980-an dan 1990-an meninggal pada Sabtu (7/5), dua hari setelah menderita serangan jantung, pada usia 55 tahun.

Keluarga aktris itu mengatakan Kang meninggal karena pendarahan otak pada pukul 3 sore waktu setempat di sebuah rumah sakit di selatan Seoul, dikutip dari Yonhap pada Minggu.

Diketahui, dia telah mendapatkan perawatan medis di rumah sakit setelah jatuh pingsan di rumahnya pada Kamis lalu.
 
Menurut Industri Film, memorial altar Kang Soo-youn akan didirikan di Samsung Medical Center di Seoul. Sementara itu, upacara pemakamannya dijadwalkan pada Rabu pekan depan.
 
Kim Dong-ho, mantan ketua dewan Festival Film Internasional Busan (BIFF), akan memimpin komite pemakaman yang terdiri dari tokoh-tokoh industri perfilman.
 
Kang Soo-youn lahir di Seoul pada tahun 1966 dan melakukan debut aktingnya untuk penyiar lokal TBC pada usia empat tahun. Setelah itu, dia membintangi sejumlah serial TV dan film serta menjadi aktor cilik terkemuka.
 
Pada usia 21, dia menjadi aktor yang memenangkan Aktris Terbaik di Festival Film Internasional Venesia untuk perannya dalam "The Surrogate Womb" yang disutradarai oleh Im Kwon-taek pada tahun 1987. Dengan prestasi tersebut, ia menjadi aktor Korea pertama yang memenangkan penghargaan di festival bergengsi itu.
 
Dua tahun kemudian, dia mengambil peran utama dalam fitur sutradara Im berikutnya "Come, Come, Come Upward" (1989) dan menerima penghargaan aktris terbaik di Festival Film Internasional Moskow.
 
Berkat dua penghargaan internasional utama, ia mendapat julukan "bintang kelas dunia" dan menjadi salah satu bintang film paling dicari di negeri ini.
 
Dia menikmati masa kejayaannya di tahun 1990-an, membintangi banyak film box office, termasuk "The Road To Race Track" (1991), "Blue in You" (1992), "Go Alone Like Musso's Horn" (1995) dan "Girl's Night Out" (1998).
 
Drama "Diary of High School Student," yang ditayangkan di KBS dari tahun 1983-1986, membantunya menjadi salah satu bintang remaja yang paling disukai di Korea. Selain itu, drama politik sejarah "Ladies of the Palace" (2001) di SBS, di mana Kang mengambil peran utama, merupakan salah satu serial TV dengan rating tertinggi tahun itu.
 
Dari 2015-2017, dia diketahui menjabat sebagai co-executive director Busan International Film Festival (BIFF).

Baca juga: Insan perfilman Korsel berharap Kang Soo-yeon segera pulih

Baca juga: Aktris Kang Soo-yeon dibawa ke rumah sakit akibat henti jantung

Baca juga: Film "The Pirates: Goblin Flag" janjikan lebih banyak petualangan

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022